facebook

Begini Cara Agar Podcaster Bisa Dapat Penghasilan di Spotify

Bimo Aria Fundrika
Begini Cara Agar Podcaster Bisa Dapat Penghasilan di Spotify
Spotify. [Freepik]

Spotify baru-baru ini meluncurkan Podcast Subscriptions, layanan yang memungkinkan podcaster untuk menawarkan konten bulanan berbayar.

Suara.com - Spotify dan Stripe berkolaborasi untuk untuk mempermudah podcaster dalam memperoleh bayaran hingga menciptakan aliran pendapatan yang berulang, serta mempererat hubungan dengan pendengar.

Dalam keterangannya, Spotify baru-baru ini meluncurkan Podcast Subscriptions, layanan yang memungkinkan podcaster untuk menawarkan konten bulanan berbayar.

Menurut hasil analisa Stripe, kreator yang berkarya di 50 platform yang bermitra dengan mereka telah meraih pendapatan hampir 10 miliar dolar. Selain itu, popularitas cerita panjang juga terus meningkat.

“Spotify Podcast Subscriptions memudahkan para kreator untuk menciptakan dan mengelola sumber pendapatan baru, dan bagi pendengar untuk berlangganan konten yang mereka gemari," kata Michael Mignano, Global Head of Talk Verticals Spotify.

Baca Juga: Cara Download Lagu Gratis dengan MP3 Juice, Bukan dengan Spotify, YouTube Music, dan JOOX

Ilustrasi Spotify. [StockSnap/Pixabay]
Ilustrasi Spotify. [StockSnap/Pixabay]

Ia mengatakan bahwa Stripe menyediakan infrastruktur pembayaran untuk Podcast Subscriptions, membantu Spotify mengembangkan fitur untuk mendukung lusinan mata uang bagi ribuan kreator di lebih dari 30 negara.

Dengan Stripe, kreator dapat menerima pembayaran dari pendengar di seluruh dunia, sesuai dengan mata uang yang mereka pilih.

Sebagai contoh, seorang podcaster di Paris, Prancis, kini dapat menerima pembayaran dalam mata uang Euro, bahkan jika pendengarnya membayar biaya berlangganan bulanan dalam mata uang dolar dari Hong Kong, kroner dari Denmark, dan franc dari Swiss.

Menggunakan Stripe Connect, Spotify mampu menyederhanakan proses penerimaan pembayaran dan verifikasi identitas bagi para podcaster. Stripe menghadirkan kemudahan proses pembayaran bagi setiap podcaster yang mendaftarkan diri di Spotify.

Dalam kerjasamanya dengan Stripe meluncurkan Podcast Subscriptions, Spotify juga telah menggunakan produk-produk Stripe lainnya, seperti Stripe Billing, Stripe Invoicing, dan Stripe Radar.

Baca Juga: Butuh Hiburan? Tonton 4 Rekomendasi Podcast Ini

“Platform seperti Spotify memudahkan para kreator untuk memperoleh pendapatan berulang dari kegiatan yang sangat mereka gemari: berbagi cerita,” kata Mike Clayville, Chief Revenue Officer Stripe.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar