facebook

Bisa Jadi Duit, Ini 3 Strategi Membangun Bisnis dari Hobi

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Bisa Jadi Duit, Ini 3 Strategi Membangun Bisnis dari Hobi
Ilustrasi Membangun Bisnis dari Hobi. (pexels.com/Amina Filkins)

Inilah tantangan serta strategi yang harus diketahui pebisnis untuk mengeksplorasi bisnis berbasis hobi.

Suara.com - Mendirikan bisnis yang berasal dari hobi memang terdengar sederhana dan menyenangkan, karena sebagai pebisnis, Anda mendapatkan kemewahan untuk dapat berkreasi dan berkarya sesuai dengan hobi.

Meski begitu, mendirikan dan menjalankan bisnis berbasis hobi tidak luput dari tantangan bisnis. Tidak hanya mengandalkan minat serta kreativitas, naluri bisnis yang tajam juga sangat penting agar bisnis yang ditekuni dapat menghasilkan keuntungan.

Dalam acara ShopeePay Talk bertajuk 'Ubah Hobi Jadi Bisnis, Kenapa Enggak?', pakar industri bisnis kreatif, Yoris Sebastian, yang sekaligus Founder of OMG Consulting & Co-Founder of Inspigo, mengungkap tiga strategi yang dapat diterapkan dalam membangun bisnis berbasis hobi. Ini dia, mengutip :

1. Tentukan skala prioritas, bangun pola pikir bisnis

Baca Juga: Kreatif dan Berani Mencoba Hal Baru Jadi Kunci Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi

Salah satu tantangan yang dihadapi ketika membangun bisnis yang berasal dari hobi adalah memposisikan diri antara hobi yang digemari dengan bisnis yang harus terus berjalan dan dikembangkan.

Dalam menjawab tantangan tersebut, pebisnis harus mampu berpikir objektif serta beradaptasi dengan memasang mindset bahwa hobi yang digemari kini bukan lagi kegemaran pribadi, namun telah bertransformasi menjadi sebuah bisnis yang menyangkut kepentingan banyak pihak, sehingga memerlukan strategi bisnis yang matang.

2. Terus eksplorasi hobi untuk menghindari kejenuhan

Tanpa adanya manajemen bisnis dan profesionalitas, bisnis yang berawal dari hobi dapat menjadi bumerang dan beban. Lebih-lebih, hobi yang awalnya menyenangkan dan mendatangkan kebahagiaan, justru bisa mengundang kejenuhan.

Demi menghindari kedua hal tersebut, pebisnis dapat menantang diri untuk menggali hal-hal baru yang belum pernah disentuh sebelumnya. Dengan begitu, semangat eksplorasi dan keingintahuan akan terus menyala seiring dengan perkembangan bisnisnya.

Baca Juga: KH Cholil Nafis Sebut Bisnis Pegadaian Sudah Dipraktikkan Nabi Muhammad SAW

3. Jaga orisinalitas dan berikan sentuhan strategi marketing yang personal

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar