facebook

Apa Itu Posesif dalam Hubungan Asmara? Begini Ciri-cirinya

Rima Sekarani Imamun Nissa
Apa Itu Posesif dalam Hubungan Asmara? Begini Ciri-cirinya
Ilustrasi pasangan posesif (pexels/@cottonbro)

Posesif adalah tindakan yang cukup mengganggu dalam hubungan percintaan. Seperti apa tandanya? Simak ulasan selengkapnya.

Suara.com - Pasangan yang baik akan saling membantu, menunjukkan perhatian, dan sering menghabiskan banyak waktu berkualitas bersama. Namun, jika pasangan posesif, Anda mungkin memperhatikan bahwa banyak hal yang dilakukan secara berlebihan hingga mengarah pada hubungan beracun. Apa itu posesif?

Posesif adalah tanda bahwa pasangan merasa tidak aman, mengendalikan, dan tidak percaya. Seiring waktu, pendekatan yang tidak sehat terhadap hubungan ini dapat berkembang menjadi pelecehan emosional.

Hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah menyampaikan ketidaknyaman Anda dan memperjelas batasan. Tingkatkan komunikasi dua aran dan jika tidak bisa diatas secara mandiri, cari bantuan profesional.

Ilustrasi Pasangan Posesif (Freepik)
Ilustrasi Pasangan Posesif (Freepik)

Lalu, seperti apa tanda-tanda pasangan Anda posesif? Dilansir dari laman Bustle, Rabu (20/4/2022), berikut ciri pasangan posesif.

Baca Juga: 4 Sikap Pria Ini Bisa Jadi Sinyal Dia Susah Setia, Awas Selingkuh!

Mereka Mengirim Chat Tanpa Henti

Jika Anda menerima ratusan chat dan panggilan tak terjawab dari pasangan, anggap ini sebagai tanda bahaya. Artinya, pasangan tidak bisa mempercayai Anda saat tidak bersamanya.

Sikap ini menunjukkan bahwa pasangan ingin menjadi pusat perhatian, bahkan saat Anda terpisah secara fisik. Pasangan posesif tidak menghormati batasan Anda dan suka membuat Anda terganggu.

Marah saat Anda Bertemu dengan Teman

Pasangan posesif merasa takut setiap kali Anda bersenang-senang tanpa dia, misal saat Anda menghabiskan waktu bersama teman-teman.

Baca Juga: 10 Lagu Indonesia tentang Cinta Beda Agama, Penyanyi Mahalini Jadi Kenyataan

Dia Sangat Mudah Cemburu

Cemburu kemungkinan besar disebabkan rasa tidak aman atau kebutuhan kendali yang berlebihan. Pasangan mungkin juga cemburu dengan masa lalu percintaan Anda. Jenis cemburu ini sangat toksik dan bisa menjadi salah alasan terkuat untuk mengakhiri hubungan asama.

Ilustrasi Pasangan Cemburuan. (pexels.com/@cottonbro)
Ilustrasi Pasangan Cemburuan. (pexels.com/@cottonbro)

Memiliki Harapan yang Tidak Realistis

Saat pasangan ingin selalu bisa terhubung dengan Anda setiap waktu, awalnya mungkin terasa romantis dan menyenangkan.

Anda mulanya senang melihat pasangan peduli dengan Anda. Namun, harapan yang tinggi ini justru menjadi bagian dari hubungan yang tidak sehat. Dalam berhubungan, Anda juga memerlukan jarak waktu dan ruang untuk diri sendiri.

Menghalangi Tujuan Diri Anda

Pasangan yang baik ingin melihat Anda menjadi versi terbaik dan tidak akan terlalu membatasi gerak Anda untuk berkembang. Namun, pasangan posesif akan melakukan hal sebaliknya, menghalangi langkah Anda. Itu karena dia takut jika Anda tumbuh atau berubah, Anda mungkin akan meninggalkannya.

Itulah penjelasan tentang apa itu posesif dan tanda-tanda posesif dalam hubungan yang perlu Anda ketahui.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar