facebook

Pria Duduk Bersila di Bawah Pohon Beringin, Publik Soroti Foto Jadul di Tahun 1916 Ini

Arendya Nariswari
Pria Duduk Bersila di Bawah Pohon Beringin, Publik Soroti Foto Jadul di Tahun 1916 Ini
Ilustrasi pohon beringin lebat [Envato Elements/Shunga_Shanga].

Ukurannya begitu besar, potret pria duduk bersila di bawah pohon beringin ini jadi sorotan.

Suara.com - Potret lawas suasana sejumlah daerah di Indonesia tak jarang masih dipenuhi dengan pepohonan berukuran besar. Misal saja seperti yang ada di dalam foto jadul tahun 1916 berikut ini.

Ya, beberapa waktu lalu akun fanspage Potret Sejarah Indonesia kembali mengajak warganet bernostalgia melalui salah satu foto yang diunggahnya.

Pada foto yang diunggah, terlihat seorang laki-laki berpakaian sederhana tengah duduk dengan sikap tenang, bersila di bawah pohon beringin berukuran raksasa.

"Seorang laki-laki Jawa bermeditasi di bawah pohon beringin, Hindia-Belanda, Ca. 1916, tulis akun Potrt Sejarah Indonesia tersebut pada caption.

Baca Juga: Pria Wajib Tahu, 2 Tips Menaklukkan Hati Wanita

Foto jadul pria di depan pohon beringin tahun 1916. (KTLV Leiden via Facebook Potret Sejarah Indonesia)
Foto jadul pria di depan pohon beringin tahun 1916. (KTLV Leiden via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Dihimpun dari laman Hitekno, Akun fanspage tersebut mengunggah ulang arsip dari KITLV Leiden atau Leiden University Libraries. Laman Leiden University Libraries menyimpan puluhan foto yang menampakkan pohon beringin di kisaran 1896 hingga 1930.

Mereka memberikan keterangan sebagai pohon "bodhi" atau "waringin". Kita bisa menyaksikan seorang pria saat duduk bersila di dekat pohon berukuran besar.

Foto jadul pria di depan pohon beringin pada tahun 1925. (KITLV via Yudi, Grup Foto Noesantara Doeloe)
Foto jadul pria di depan pohon beringin pada tahun 1925. (KITLV via Yudi, Grup Foto Noesantara Doeloe)

Arsip lain KITLV Leiden bahkan menampilkan ukuran pohon yang lebih besar dibandingkan foto pertama. "Waringin met luchtwortels op Java, circa 1925. (Pohon waringin dengan akar udara di Jawa. Sekitar tahun 1925)," bunyi keterangan yang tertulis di arsip online Leiden University pada foto lain.

Melalui deretan foto jadul yang beredar antara tahun 1896 hingga 1930 koleksi KITLV, kita bisa melihat jalanan di pulau Jawa yang cukup sepi dengan pohon-pohon besar di sampingnya.

Beringin (Ficus benjamina) atau sering disebut waringin dan ara merupakan tumbuhan asli dari Asia dan Australia. Pohon ini cukup akrab dengan budaya asli Indonesia di era lawas.

Baca Juga: Dikira Warmindo, Viral Pria Kegocek Banner Warung Ternyata Khusus Hewan: Warmiauw

Dikutip dari Wikipedia, pada beberapa wilayah, pohon tersebut sering dianggap oleh penduduk lokal sebagai tempat kekuatan magis berkumpul.

Warganet salfok serta menyoroti perilaku pria di dalam foto. Postingan foto jadul mengenai pria di depan pohon beringin tersebut memancing beragam komentar dari warganet.

"Orang zaman dulu biasanya punya kepercayaan dan mencari wangsit untuk ilmu kanuragan dalam menjaga diri," kata salah seorang warganet. 

"Mungkin pria itu lagi cari pusaka atau keris," balas warganet lain.

"Sosial budaya masyarakat pada masa itu percaya dengan hal-hal yang mistik dan klenik," tulis warganet lainnya. 

"Zaman dulu mah masih banyak animisme dinamisme apalagi kejawen kental," pendapat warganet lainnya. Itulah tadi foto jadul pria di depan pohon beringin yang berhasil menarik perhatian warganet, bagaimana pendapat kalian?

(Hitekno.com/Rezza Dwi Rachmanta)

Komentar