facebook

6 Tips yang Bisa Membantu Ringankan Tugas Harian Ibu Agar Tak Alami Burnout

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
6 Tips yang Bisa Membantu Ringankan Tugas Harian Ibu Agar Tak Alami Burnout
Ilustrasi ibu rumah tangga (pexels/Andrea Piacquadio/dwimarturmidzi)

Ini enam daftar yang bisa ringankan tugas ibu dj rumah.

Suara.com - Seorang ibu rumah tangga akan memiliki banyak tugas yang harus dilakukan sejak awal hari dimulai, seperti mengurus kebutuhan suami, anak, juga kebersihan rumah setiap hari.

Agar semuanya berjalan dengan baik, ibu membutuhkan pendukung dari lingkungan sekitar. Ada juga sederet langkah yang bisa dilakukan, agar tugas bisa terselesaikan sesuai dengan yang diinginkan.

Memahami kebutuhan harian ibu yang kompleks untuk merawat keluarganya, Momami sebagai mom’s little helper yang kerap menjadi sahabat bagi para orangtua, memberi tips untuk mendukung para ibu sukses merawat dalam Si Kecil di rumah. 

Untuk itu, ini enam daftar yang bisa ibu simak, seperti yang Suara.com kutip dari siaran pers Momami berikut ini.

Baca Juga: 36 Tahun, Kuli Bangunan Wanita Menyamar Jadi Pria Akibat Sering Dilecehkan

Ilustrasi ibu bekerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)
Ilustrasi ibu (pexels.com/Ketut Subiyanto)

1. Buat to-do-list 
Buatlah daftar prioritas singkat di handphone atau jurnal tentang tugas yang akan dilakukan sejak awal hari dimulai, misal memulai pagi dengan memandikan si kecil terlebih dahulu atau memasak sarapannya.

2. Berbagi peran bersama pasangan
Terkait urusan rumah, moms bisa berbag dengan suami, misalnya dari hal kecil, yakni meletakkan barang pribadinya di tempat seharusnya, agar rumah terlihat lebih rapi, sehingga ibu bisa lebih fokus terhadap kebutuhan si kecil.

3.  Pastika kebutuhan utama anak telah disiapkan
Jika anak masih kecil, pastikan kebutuhan utamanya telah disiapkan secara baik setiap bulannya, seperti kebutuhan mandi, perawatan mulut, sampo dan sabun badannya. 

Para ibu bisa cek di lebih dari 300 jalur distribusi offline maupun online seperti gerai Mothercare dan gerai bayi lainnya, serta official Momami store di Tokopedia untuk mendapatkan penawaran khusus di bulan Mei ini berupa Buy 2 Get 10 persen.

4. Perhatikan kebersihan diri
Mengingat pandemi masih berlangsung, ibu perlu memperhatikan kebersihan diri dan anggota lebih maksimal, khusus untuk si kecil ibu dapat mencuci pakaiannya menggunakan detergen khusus, seperti Momami Little One’s Laundry Detergent. Bulan ini Momami berikan special bundle Laundry Detergent seharga Rp99 ribu untuk dua produk.

Baca Juga: Kiki Farrel Kehilangan Semangat Bekerja Sejak Ibunda Meninggal Dunia

5. Lakukan olahraga ringan setiap hari
Agar tubuh ibu tetap bugar dan membantu menjaga mood ibu tertata dengan baik, olahraga tak boleh terlupakn. Ibu bisa dengan melakukan squat di rumah atau berjalan kaki sembari mengajak si kecil bermain.

6. Makan makanan sehat dan bergizi
Tentu saja, dengan makan makanan bergizi setiap harinya, ini tidak hanya akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi juga pikiran ibu yang menunjang tugas ibu dalam menyelesaikan tugas harian.

Komentar