facebook

7 Makanan Khas Banten yang Nikmat dan Menggugah Selera

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Makanan Khas Banten yang Nikmat dan Menggugah Selera
Rabeg jeroan kambing khas Serang, Banten. (bppdbanten.com)

Menikmati ragam makanan khas Banten yang enak dan menggugah selera.

Suara.com - Makanan khas Banten menjadi salah satu daya tarik yang membuat provinsi ini ramai dikunjungi wisatawan, khususnya di akhir pekan.

Letaknya yang tidak jauh dari Jakarta membuat penduduk ibu kota seringkali melipir ke Banten untuk mencicipi wisata kuliner yang cukup beragam.

Apa saja makanan khas Banten yang wajib dicicipi kelezatannya? Berikut rangkumannya.

Pecak Bandeng

Baca Juga: 7 Cara Memasak Ayam Woku dengan Mudah, Rasanya Nikmat Wanginya Memikat

Jika kamu penggemar kuliner pedas, pecak bandeng khas Banten tidak boleh dilewatkan. Guyuran sambal di atas daging bandeng yang empuk akan membuat siapa pun ketagihan.

Kamu bisa menemukan pecak bandeng di rumah makan yang biasanya masih bernuansa pedesaan dengan ciri khas pondok dari rotan.

Angeun Lada

Angeun lada merupakan makanan khas Banten yang berbahan dasar babat sapi. Pemakaian daun walang juga membuat kuliner ini terasa menggugah selera, bahkan dari aromanya saja.

Warna merah menyala pada angeun lada pun menjadi daya pikatnya tersendiri. Makanan ini biasa disajikan saat hari raya dengan didampingi ketupat.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Malang Selain Bakso, Ada Rawon Dengkul Enak dan Murah

Rabeg

Makanan khas Banten selanjutnya adalah rabeg. Makanan berkuah satu ini terbuat dari daging domba dengan kaldu yang sangat kuat. Bumbu rempahnya yang melimpah membuat rabeg kaya rasa. Sebagai pelengkap, daging domba akan diolah bersama sayuran.

Nasi Sumsum

Nasi Sumsum kini sudah mulai jarang ditemukan, jadi jangan lupa mencicipinya saat kamu melihat penjualnya. Makanan ini terbuat dari nasi yang dibakar setelah sebelumnya ditumbuk bersama racikan bumbu. Nasi sumsum disantap dengan berbagai jenis lauk, seperti sate lidah kerbau dan otak-otak.

Sayur Besan

Namanya yang unik membuat makanan khas Banten satu ini menjadi lebih menarik. Dinamakan sayur besan karena rupanya selalu dihidangkan saat pernikahan diadakan di rumah pihak laki-laki.

Isi sayur besan adalah berbagai jenis sayuran seperti wortel dan buncis. Semakin nikmat, sayur besan juga diolah dengan petai.

Laksa

Bagi penggemar olahan mie, laksa menjadi salah satu makanan dari Banten yang wajib dicoba. Laksa pada dasarnya adalah mie bihun yang disiram dengan kuah santan yang dicampur kentang, kacang hijau, dan kaldu ayam. Rasa gurih yang dominan membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Gecom

Gecom merupakan singkatan dari bahan dasar makanan satu ini, yaitu tauge dan oncom. Diolah dengan berbagai rempah khas Indonesia membuat makanan khas Banten ini memiliki cita rasa yang khas. Sampai sekarang, gecom masih cukup mudah ditemukan di wilayah Banten.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar