facebook

Kabar Baik dari Hasil Survei: Pandemi Covid-19 Makin Melandai, Kondisi Ekonomi Ibu dan Keluarga Meningkat 50% di 2022

Ririn Indriani
Kabar Baik dari Hasil Survei: Pandemi Covid-19 Makin Melandai, Kondisi Ekonomi Ibu dan Keluarga Meningkat 50% di 2022
Ilustrasi peran ibu sangat besar dalam ketahanan keluarga selama pandemi Covid-19, dengan menjadi pekerja atau pebisnis untuk membantu perekonomian keluarga. (Sumber: Shutterstock)

Ibu punya peran besar dalam ketahanan keluarga selama pandemi Covid-19, dengan menjadi pekerja atau pebisnis.

Suara.com - Survei terkini Mei 2022 yang dilakukan MoM Academy terhadap 681 para ibu di Indonesia menunjukkan bahwa peran ibu pada ketahanan keluarga sangat besar, sehingga banyak keluarga di Indonesia bisa melewati masa pandemi dengan baik.

Hal tersebut diperkuat dengan hasil survei 2021 yang dipaparkan oleh CEO Mothers on Mission dan MoM Academy, Widya Safitri dimana presentase ibu atau Mom yang harus bekerja atau berbisnis untuk mendukung keuangan keluarga terbilang cukup tinggi hingga mencapai 30%, karena berbagai alasan. Salah satunya adalah suami yang kehilangan pekerjaan atau mata pencariannya.

"Sementara tahun ini hasil survei menunjukan hanya 8.7% istri yang masih berperan menjadi kepala rumah tangga, dan 89.7% persen pencari nafkah utama adalah suami," terang Widya dalam talkshow MomFest bertajuk #CelebratingMoM5 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, lanjut dia, Moms masih tetap melanjutkan usaha yang sudah dirintis sebelumnya karena beragam alasan, dari mulai hobi dan eksistensi diri sampai mendukung keuangan keluarga.

Widya juga menambahkan bahwa tahun ini adalah tahun yang penuh optimisme terutama bagi para moms di seluruh Indonesia.

Hasil survei MoM Academy juga mempertegas hal tersebut, di mana lebih dari 50% responden mengakui bahwa situasi ekonomi mereka perlahan mulai membaik. Bahkan sejak pandemi Covid-19, mereka berhasil membangun kebiasaan positif baru yaitu berani berbisnis dan mempelajari keterampilan yang terkait dengan dunia bisnis dan digital.

Baca Juga: Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Bernadette Cyan Gainara, Influencer Inspiratif di Bidang Fashion dan Kecantikan

Di tahun ini pula para ibu mulai memiliki dana cadangan lagi dan berani berinvestasi. Pun dalam hal pembelanjaan anggaran keluarga, Moms mulai bisa menyelipkan lagi dana perawatan tubuh dan kecantikan diri.

Komentar