facebook

Harga Makanan dan Minuman di Turki Jadi Murah, Roti di Restoran Cuma Rp2.700

Yasinta Rahmawati | Hiromi Kyuna
Harga Makanan dan Minuman di Turki Jadi Murah, Roti di Restoran Cuma Rp2.700
Ilustrasi Roti Tawar. (Pixabay.com)

Harga makanan dan minuman di Turki jadi tak jauh beda bahkan lebih murah dibanding Indonesia karena kurs yang anjlok.

Suara.com - Saat berlibur ke luar negeri, biasanya orang akan menyiapkan anggaran lebih untuk kuliner. Hal ini lantaran harga makanan di luar negri kebanyakan lebih mahal dibandingkan dengan di Indonesia.

Namun, di Turki bisa jadi berbeda karena kini harga makanan di sana tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Akun TikTok @clerishwijaya berbagi video tentang harga makanan yang ada di Turki.

Harga makanan dan minuman yang sama bahkan lebih murah dibandingkan Indonesia ini disebabkan penurunan kurs Turki yang cukup signifikan sejak 2008. Pada Kamis (26/5/2022), nilai tukar 1 Lira adalah Rp893.

Untuk harga 1 roti, harganya adalah 3 Lira atau sekitar Rp2.700. Kemudian untuk 1 potong pizza hanya 12,5 Lira atau sekitar Rp11 ribu.

Baca Juga: Viral Spaghetti Pinggir Jalan Dijual Murah Rp 5 Ribu, Warganet Protes

Roti dan pizza yang cukup terjangkau itu bukan dijual di kaki lima, melainkan di sebuah restoran terkenal. Untuk harga sandwich menggiurkan bahkan hanya Rp6.000 dan roti termahal Rp9.000 saja.

Harga makanan dan minuman di Turki (TikTok @clerishwijaya)
Harga makanan dan minuman di Turki (TikTok @clerishwijaya)

Untuk melepas dahaga, ada jus jeruk tanpa campuran air sama sekali. Harganya juga cukup murah yaitu 10 Lira atau sekitar Rp9.000.

Ada pula jus lemon Rp9.000 dan jus lainnya Rp11.250. Untuk makanan khas yang tak boleh dilewatkan saat ke Turki, yaitu kebab, hanya Rp15 ribu untuk varian premium.

Brownies khas Turki hanya Rp9.000 dengan tampilan yang menggugah. Sedangkan untuk menyantap macarons di kafe cantik dan elit hanya 30 Lira atau sekitar Rp27 ribu.

Bukan hanya camilan, untuk paket makanan pizza hanya 25 Lira atau sekitar Rp22.500 sudah termasuk minuman. Sedangkan paket pizza 4 sampai 5 orang hanya 80 Lira atau sekitar Rp72 ribu.

Baca Juga: 8 Momen Liburan Feni Rose di Turki, Datangi Cappadocia hingga Tempat Bersejarah

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Pantesan pada ke Turki," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Kebab premium asli Turki cuma Rp15 ribu, padahal di Indonesia Rp15 ribu dapatnya cuma yang isinya telur sama selada doang huhu," ujar warganet ini.

"Bulan Desember lalu gue liburan ke Turki berasa orang kaya banget karena apa-apa murah. Jadi kangen Turki," tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, kurang dari 24 jam setelah diunggah, video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 5 juta kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!

Komentar