facebook

Definisi Haunting, Perlu Waspada Jika Tak Mau Kembali ke Pelukan Mantan

Ruth Meliana Dwi Indriani
Definisi Haunting, Perlu Waspada Jika Tak Mau Kembali ke Pelukan Mantan
Ilustrasi Haunting (Pexels.com/Keira Burton)

Pelaku haunting biasanya membuat resah karena menganggu kehidupan baru orang yang sudah move on.

Suara.com - Di era dunia yang serba digital, muncul istilah-istilah baru dalam perkencanan, salah satunya adalah haunting. Kata haunting pun belakangan banyak digunakan di media sosial.

Haunting adalah menghantui seseorang, yang biasanya terjadi setelah pelaku ghosting ingin kembali ke kehidupan seseorang. Haunting juga ditandai dengan memberikan like alias tanda suka di media sosial, hingga pesan teks mengajak bertemu.

Jika tidak kuat iman, beberapa korban malah bisa membuka pintu bagi orang tersebut. Yuk simak penjelasan lebih detail tentang haunting berikut ini.

Pengertian Haunting

Baca Juga: Terpopuler: Mantan Wali Kota Cilegon Bongkar Data Kelurahan Titipan, Potret Jadul Lesti Kejora Plek Ketiplek Baby Leslar

Haunting mengacu pada perasaaan menyeramkan selalu diawasi karena mantan masih bisa melihat aktivitas di media sosialmu. Alhasil, kamu pun merasa dihantui dan dapat menggiringmu untuk penasaran dengan aktivitasnya juga di media sosial.

Alasan seseorang melakukan haunting karena masih ingin terhubung dan belum ingin mengakhiri interaksi sama sekali. Alasan lainnya adalah sang mantan merasa perlu mengganggumu, karena dirinya menyukai perhatian dan gangguan yang ditimbulkannya.

Cara Mengatasi Haunting

Mantan yang masih menghantui dapat membuatmu sulit move on, terlebih jika mereka masih berusaha berinteraksi di media sosial. Untuk itulah diperlukan cara-cara sederhana agar kamu tidak dihantui lagi oleh keberadaan mantanmu.

1. Jangan Terlibat

Baca Juga: Jawab Tudingan Mantan Wali Kota Cilegon soal Lurah Titipan, Sanuji Pentamarta: Salahnya di Mana?

Jangan memberikan mantan kepuasan dengan terlibat untuk turut menyukai, berkomentar atau melihat cerita di media sosial mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan cara senyapkan notifikasi dan buat batasan postingan agar kamu tidak melihat pembaharuannya sama sekali.

Sebab pada dasarnya haunting sama seperti pemburu yang mengejarmu, jadi biarkan mereka lelah sendiri karena tak ada tanggapan darimu.

2. Berhenti Mengikuti

Cara terbaik dan ampuh agar kamu tidak dihantui adalah berhenti mengikuti mantan dan memblokir media sosial mereka.

Dengan berhenti mengikuti mantan dapat dapat membantumu untuk berhenti memikirkannya, asalkan saja tidak penasaran lagi dengan aktivitasnya di media sosial.

3. Pertimbangkan Detoks Media Sosial

Jika kamu sudah muak melihat notifikasi mantan yang menghantuimu, maka istirahatlah dari media sosial. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengurangi penggunaan ponsel secara bertahap dan fokus pada pekerjaanmu saat ini.

Selain itu bisa juga dilakukan dengan tidak memeriksa media sosial kecuali kamu benar-benar perlu menggunakannya atau tinggalkan saat kamu pergi ke luar.

Dengan cara tersebut, kamu tidak hanya memiliki lebih sedikit interaksi dengan siapapun yang menghantuimu, tapi juga menikmati hidupmu yang nyata.

Itulah pengertian dan cara mengatasi haunting. Jangan ragu untuk mengambil beberapa langkah tegas agar tak terus dihantui sang mantan!

Kontributor : Trias Rohmadoni

Komentar