facebook

Pentingnya Kolaborasi Bagi UMKM, Bisa Memperluas Pasar dan Tingkatkan Penjualan

Vania Rossa
Pentingnya Kolaborasi Bagi UMKM, Bisa Memperluas Pasar dan Tingkatkan Penjualan
Ilustrasi pebisnis kolaborasi (Pexels.com/Amina Filkins)

Jika target market dari kedua bisnis sama atau mirip, dan tujuan yang ingin dicapai sesuai, maka kolaborasi untuk menghadirkan produk baru pun bisa menjadi strategi bagus.

Suara.com - Berbagai cara dilakukan UMKM untuk memperluas pasar dan meningkatkan pasar. Mulai dari beriklan, promosi, hingga memberi promo dan diskon. Tapi, pernahkah terpikir untuk melakukan kolaborasi?

ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, belum lama ini menggelar sesi diskusi virtual yang membahas tips penting agar UMKM dapat memperluas pasar dan meningkatkan penjualan. Salah satunya dengan melakukan kolaborasi.

Menurut dr. Shirley Oslan, seorang praktisi medis yang juga menggeluti usaha produk tata rias melalui merek Mad for Makeup, kolaborasi suatu bisnis dengan bisnis lainnya bisa menjadi solusi tepat untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar.

Merek produk tata rias Mad for Makeup yang dimulainya pada tahun 2017 tersebut, baru saja meluncurkan produk eyeshadow atau perias mata yang unik karena diluncurkan atas kolaborasi dengan produsen makanan dan minuman Orang Tua.

Baca Juga: Pelaku UMKM Harus Perkuat Inovasi dan Pahami Selera Pasar

Kolaborasi yang dilakukan oleh Mad for Makeup tersebut menghasilkan produk dengan konsep yang menarik bagi konsumennya, dan berhasil menjadi pembeda bisnis mereka di industri kecantikan.

“Kolaborasi bisa menjadi cara yang tepat untuk memperluas pasar suatu bisnis, termasuk UMKM. Namun yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum berkolaborasi dengan bisnis lain adalah kecocokan tujuan antara bisnis Anda dan bisnis lain tersebut, kata Shirley, mengutip siaran tertulisnya.

Jika target market dari kedua bisnis sama atau mirip, dan tujuan yang ingin dicapai sesuai bagi kedua pihak, maka kolaborasi untuk menghadirkan produk baru pun bisa menjadi strategi yang menguntungkan.

Shirley juga menegaskan bahwa kolaborasi menjadi bentuk inovasi dan adaptasi untuk mengikuti perkembangan tren bisnis yang perubahannya sangat cepat.

“Di tengah ramainya kompetisi pasar, kolaborasi antar bisnis menjadi penting dalam mengasah ide kita untuk berinovasi sesuai dengan kebutuhan pasar," paparnya.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Andi Sudirman Fasilitasi 150 UMKM Dapat Sertifikat Halal Gratis

Namun, Shirley menekankan, yang tidak boleh terlupakan ketika berkolaborasi dengan bisnis lain adalah untuk tetap konsisten dengan karakter atau ciri khas dari brand kita sendiri agar tetap dapat menonjolkan daya pikat yang kuat dari hasil kolaborasi tersebut.

Komentar