facebook

Waspadai Microcheating, Selingkuh Tipis-Tipis yang Berpotensi Rusak Hubungan

Yasinta Rahmawati | Rafidah Raihany
Waspadai Microcheating, Selingkuh Tipis-Tipis yang Berpotensi Rusak Hubungan
Ilustrasi selingkuh (Pexels.com)

Meskipun tidak sejelas perselingkuhan yang melibatkan fisik, namun perselingkuhan kecil ini dapat membawa keretakan pada hubungan.

Suara.com - Pernah merasa pasangan atau diri sendiri selingkuh meskipun tidak ada kontak fisik yang terlibat? Atau pernahkah terfikirkan batasan hubungan dengan orang lain hingga bisa disebut dengan selingkuh?

Mungkin beberapa orang merasa bahwa batasan selingkuh adalah ketika sudah berhubungan badan ataupun resmi menjalin hubungan romansa dengan orang lain. Namun, rupanya ada yang disebut dengan microcheating, perilaku tak terduga yang rupanya bisa disebut perselingkuhan kecil.

Dilansir dari MindBodyGreen, mircrocheating merupakan tindakan yang menumbuhkan koneksi intim di luar hubungan dengan pasangan.

Bentuk selingkuh yang tidak terlihat ini melibatkan keintiman, ketertarikan, atau tindakan yang membuka peluang untuk berhubungan romansa dengan orang lain.

Baca Juga: Hasil Studi: Pria Cerdas Cenderung Lebih Setia dan Tidak Suka Selingkuh

Meskipun sulit didefinisikan secara pasti, namun beberapa hal yang dapat dianggap sebagai microcheating adalah rasa ketertarikan berlebih terhadap orang lain, hingga merubah sikap.

Misalnya, terus-terusan mengecek media sosial, merubah gaya busana untuk menarik perhatian orang yang dituju, terus berinteraksi dengan orang yang menarik hati, dan mengurangi keintiman dengan pasangan.

Bila merasa diri sendiri atau pasangan melakukan microcheating, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tindakan ini tidak berlanjut.

Mulailah dari berkomitmen untuk mengubah perilaku. Kemudian diskusikan batasan dan kesepakatan bersama pasangan. Mana saja tindakan yang diperbolehkan dan mana yang tidak boleh dilakukan. 

Tak hanya itu, ambil tindakan untuk memperkuat hubungan. Bisa dengan melakukan interaksi fisik lebih sering, menjadwalkan hubungan badan, ataupun mengatur waktu dihabiskan bersama.

Baca Juga: 4 Ciri Suami Melakukan Perselingkuhan Emosional, Pastikan Itu Bukan Kamu!

Pada intinya, meskipun tidak sejelas tidak perselingkuhan fisik namun hal ini bisa menjadi sebuah bom waktu bagi hubungan.

Komentar