facebook

Window Shopping Artinya Apa? Cuma Lihat-Lihat tapi Banyak Manfaatnya

Rima Sekarani Imamun Nissa
Window Shopping Artinya Apa? Cuma Lihat-Lihat tapi Banyak Manfaatnya
Ilustrasi window shopping (Pexels/Andrea Piacquadio)

Melihat barang impian Anda melalui etalase rupanya tidak sekedar menahan keinginan untuk pembelian implusif, tapi juga memiliki banyak manfaat lain.

Suara.com - Tanpa disadari, selama ini window shopping adalah hobi banyak orang. Apa itu window shopping sebenarnya?

Apakah Anda sering menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan di mal sekedar untuk melihat-lihat barang yang Anda inginkan namun tidak berminat untuk membelinya melalui etalase toko? Jika jawabannya iya, ini artinya Anda tengah melakukan kegiatan yang disebut window shopping.

Apa Itu Window Shopping?

Ilustrasi belanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi belanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dilansir dari laman merriam webster, windows shopping adalah kegiatan saat seseorang melihat-lihat pajangan yang ada di jendela toko ritel tanpa masuk ke dalam untuk melakukan pembelian. Istilah lain yang sering digunakan untuk menjelaskan window shopping adalah cuci mata.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengurangi Stres dan Kecemasan saat Bekerja, Pernah Mengalaminya?

Istilah window shopping sudah dilakukan sejak abad ke-18 oleh para bangsawan dan kelas elit di Eropa. Saat itu, penggunaan kaca bening untuk etalase toko belum cukup populer. Namun, ternyata penggunaan kaca bening ini meningkatkan penjualan sehingga marak digunakan sampai sekarang.

Bagi sebagian orang, sekedar melihat-lihat sudah memberikan kebahagiaan tersendiri, bahkan dapat mengurangi stres dan membuat pikiran lebih santai. Window shopping akan terasa lebih seru saat dilakukan bersama teman yang memiliki ketertarikan serupa.

Manfaat Window Shopping

Meningkatkan Produksi Hormon Endorfin

Endorfin merupakan hormon yang dihasilkan ketika seseorang merasakan kebahagiaan. Setelah itu, hormon ini akan bertindak dalam menekan stres dan memberikan pengaruh positif pada pikiran seseorang.

Baca Juga: 5 Manfaat Punya Hewan Peliharaan, Salah Satunya Bikin Tambah Happy!

Ilustrasi belanja pada masa pandemi Dok. Unsplash-arturo rey
Ilustrasi belanja pada masa pandemi (Unsplash/arturo rey)

Olahraga

Window shopping biasanya tidak dilakukan pada satu tempat saja. Mereka yang melakukannya bisa mengitari seluruh toko di mal, bahkan berputar hingga beberapa kali.

Oleh karena itu, secara tidak langsung, window shopping juga merupakan bentuk olahraga. Tentu saja Anda akan lebih mudah melakukannya karena tanpa paksaan.

Meningkatkan Motivasi

Ketika melihat barang-barang yang dipajang di etalase, bukan berarti Anda tidak mungkin jatuh cinta dengan salah satu di antaranya. Oleh karena itu, aktivitas ini juga bisa meningkatkan motivasi Anda untuk bekerja lebih keras sehingga dapat kembali lagi untuk membeli barang tersebut.

Membantu Pengambilan Keputusan

Window shopping adalah salah satu solusi ketika Anda ragu untuk membeli sesuatu. Melalui window shopping, Anda memiliki waktu lebih banyak untuk membandingkan satu barang di satu toko dengan lainnya sehingga dapat memutuskan mana barang yang paling Anda inginkan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar