Tingkatkan Literasi Anak Indonesia, Tiga Taman Baca Hadir di Semarang

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Tingkatkan Literasi Anak Indonesia, Tiga Taman Baca Hadir di Semarang
Peluncuran Taman Baca Jendela Dunia di Semarang. (Dok. Arya Noble/ERHA)

Erha baru-baru inimeluncurkan Tiga Taman Baca Jendela Dunia di Kelurahan Sekayu, Semarang.

Suara.com - Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara, atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

Tingkat literasi masyarakat Indonesia yang masih sangat rendah juga terlihat pada data statistik UNESCO pada tahun 2012, di mana presentasi minat baca Indonesia hanya sebanyak 0,001%. Hal ini berarti, dari 1.000 penduduk hanya satu orang saja yang memiliki minat baca.

Untuk meningkatkan budaya literasi dan minat baca anak-anak di Indonesia sekaligus merayakan HUT Erha yang ke-23, Erha baru-baru inimeluncurkan Tiga Taman Baca Jendela Dunia di Kelurahan Sekayu, Semarang.

Peluncuran Taman Baca Jendela Dunia ini bertujuan untuk membantu program Pemerintah dalam peningkatan budaya literasi dan minat baca anak-anak khususnya anak-anak di Semarang.

Baca Juga: Kolaborasi BUMN Dukung Pengembangan Pojok Literasi di Sekitar Sirkuit Mandalika

"Program Taman Baca Jendela Dunia ini merupakan sebuah komitmen kami dari Erha Clinic di bidang Pendidikan khususnya untuk membantu program pemerintah dalam peningkatan budaya literasi dan minat baca di Indonesia," ujar Andreas Bayu Aji, Chief Corporate Affairs Arya Noble, induk usaha dari Erha.

Taman Baca Jendela Dunia ini, lanjut Andreas tidak hanya menyediakan buku saja, tapi juga berbagai program yang berkaitan dengan peningkatkan budaya literasi dan minat baca anak.

Hak ini tentu disambut baik oleh warga hingga pejabat setempat. Dwi Ratna Nugraini, Lurah Sekayu, Kota Semarang berharap jika Taman Baca Jendela Dunia ini dapat membangun kembali semangat membaca anak-anak.

"Kami yakin setiap anak-anak Indonesia mempunyai minat baca yang tingggi, tapi mungkin belum tereksplorasi dengan baik. Dengan Taman Baca Jendela Dunia yang tersebar di daerah kami, diharapkan dapat menjadi pusat pembelajaran anak-anak dan meningkatkan prestasinya," tutur Dwi Ratna Nugraini.

Selain meluncurkan Taman Baca Jendela Dunia di Semarang, Erha Clinic juga melakukan beberapa program sosial lainnya seperti Donor Darah dan Operasi Katarak Gratis untuk masyarakat.

Baca Juga: Edukasi Literasi Keuangan ke Kaum Muda, IFG dan IFG Life Hadirkan Program Insurance Goes to Campus