- Lima rekomendasi exfoliating toner hadir untuk merawat kulit sensitif dan berflek hitam tanpa memicu iritasi.
- Produk dari Wardah, L’Oreal, TAVI, Laboré, dan Somethinc memanfaatkan kandungan asam seperti AHA, BHA, dan PHA.
- Penggunaan produk-produk tersebut secara rutin membantu mengangkat sel kulit mati serta menyamarkan flek hitam.
Suara.com - Kulit berflek hitam dan sensitif membutuhkan produk eksfoliasi yang tidak hanya efektif, tetapi juga tetap lembut di kulit.
Tone eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus mendukung proses regenerasi kulit agar wajah tampak lebih cerah dan merata.
Beberapa produk bahkan dilengkapi kandungan yang membantu menyamarkan flek hitam, bekas jerawat, serta warna kulit yang tidak merata.
Namun, pemilihannya tetap perlu disesuaikan dengan kondisi kulit agar tidak memicu rasa perih atau iritasi.
Berikut lima rekomendasi exfo toner yang bisa dipertimbangkan untuk kulit berflek hitam dan sensitif.
1. Wardah 3% AHA-PHA Phyto-Enzyme Exfoliating & Clarifying Toner

Harga: Rp80.000
Exfoliating Toner ini mengandung Natural AHA+PHA yang membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus membuat kulit tampak lebih cerah dan merata.
Kandungan eksfoliasinya juga dapat membantu menyamarkan tampilan flek hitam dan noda bekas jerawat secara bertahap dengan pemakaian rutin.
Dilengkapi Allantoin untuk membantu menenangkan serta menghaluskan tekstur kulit, toner ini cocok digunakan oleh semua jenis kulit.
"Pemakaian rutin membuat kulit berminyak menjadi halus dan pori-pori mengecil, serta membuat kulit lebih halus dan cerah. Sangat recommended untuk kulit berminyak karena membuat pori-pori lebih terbuka dan berkurang jerawat dan minyak yang tertangkap dalam kulit," tulis dan**** di Female Daily.
2. L’Oreal Paris Glycolic Bright Peeling Toner

Harga: Rp130.000
Toner ini mengandung 5% Glycolic Acid yang membantu mengeksfoliasi sel kulit mati, memperbaiki tekstur, serta membuat wajah tampak lebih cerah dan bercahaya.
Kandungan tersebut juga membantu menyamarkan flek hitam, bekas jerawat, dan warna kulit tidak merata sehingga kulit terlihat lebih bersih dan segar.
Diformulasikan agar sesuai untuk semua jenis dan warna kulit, toner ini juga dapat digunakan pada kulit sensitif dengan pemakaian sesuai petunjuk.
"Suka banget sama toner loreal ini, aku penasaran banget akhirnya aku cobain. Pengalaman aku pakai toner ini beneran bikin muka jadi lebih cerah naik dua tingkat di aku dan aga lembabin kulit aku. untuk wanginya dia ga ada wangi yang menyengat sih jadi aman," tulis selvi**** di Female Daily.