Presiden Jokowi Bertemu Presiden Cina Pagi Ini

Siswanto
Presiden Jokowi Bertemu Presiden Cina Pagi Ini
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Irina Jokowi

Presiden telah menekankan bahwa kerja sama itu harus menguntungkan kedua belah pihak dan rakyat Indonesia.

Suara.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan Presiden Cina Xi Jinping dan Perdana Menteri Cina Li Keqiang, Minggu (9/11/2014) pagi waktu setempat.

Pertemuan dengan para pemimpin negeri Tirai Bambu itu dilakukan di Great Hall of the People, Beijing, sekitar pukul 10.30 - 11.45 WIB tepat seusai Presiden Jokowi menghadiri pertemuan bisnis antara pengusaha Indonesia dan Cina.

"Presiden akan memperoleh informasi dari Tiongkok sebagai tuan rumah terkait pertemuan (APEC) ini," kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Ia juga menyampaikan dalam pertemuan itu akan dibahas hubungan kedua negara di masa depan.

Indonesia, tambah Menlu, juga akan melihat isu-isu yang akan dimunculkan serta menyampaikan agenda pemerintah.

Ia mengatakan sejumlah isu prioritas yang akan diusung oleh pemerintah Indonesia, antara lain adalah isu kerja sama maritim, investasi, energi, dan infrastruktur.

Untuk semua bentuk kerja sama yang akan dilakukan dengan negara sahabat, menurut Menlu, Presiden telah menekankan bahwa kerja sama itu harus menguntungkan kedua belah pihak dan rakyat Indonesia.

Terkait dengan upaya menggabungkan poros maritim dan jalur sutera, Menlu mengatakan bahwa usulan tersebut masih dijajaki.

Sementara itu sebelumnya dalam pertemuan dengan Menlu Wang Yi, Menlu menyampaikan bahwa hubungan bilateral Indonesia dan Cina merupakan hubungan antara dua negara besar di kawasan Asia yang sedang terus berkembang sehingga hal itu merupakan hubungan yang saling menguntungkan.

Cina, tambah dia, adalah salah satu mitra terbesar Indonesia. "Dan tahun depan kita akan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Tiongkok," lanjutnya. (Antara)

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS