Ratusan Rumah di Situbondo Terendam Banjir

Vania Rossa
Ratusan Rumah di Situbondo Terendam Banjir
Ilustrasi banjir [shuterstock]

Banjir terjadi akibat luapan air sungai setelah sebelumnya beberapa wilayah Situbondo diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi.

Suara.com - Ratusan rumah tiga desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terendam banjir luapan air sungai setelah sebelumnya di beberapa wilayah Situbondo diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi.

"Tiga desa yang terendam banjir luapan air sungai itu di antaranya, Desa Kumbangsari dan Desa Gadingan, Kecamatan Jangkar dan Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan di Situbondo, Sabtu malam, seperti dilansir dari Antara.

Ia menyebutkan, banjir luapan air sungai di Desa Kumbangsari tercatat sebanyak 425 rumah warga terendam banjir dan di Desa Gadingan sebanyak 15 rumah. Sedangkan di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih dilaporkan sekitar 20 rumah.

Selain ratusan rumah, banjir merendam sekitar 40 hektare lahan pertanian milik warga setempat.

"Kalau areal persawahan yang terendam banjir paling banyak di Desa Kumbangsari, yakni sekitar 40 hektare, sedangkan di Desa Gadingan tercatat 2,5 hektare yang terendam banjir," katanya.

Menurut Gatot, sebelum banjir luapan air sungai merendam rumah warga di tiga desa tersebut, di wilayah timur Kabupaten Situbondo sejak siang hingga sore diguyur hujan deras hingga air sungai desa setempat meluap dan merendam rumah warga serta areal pertanian.

"Luapan air sungai mulai masuk rumah warga, sekitar pukul 17.00 WIB dan sekitar pukul 21.30 WIB mulai berangsur surut seiring hujan juga reda. Sedangkan ketinggian air 30 hingga 50 cm atau setinggi lutut orang dewasa," paparnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS