Dipasang Waring, Kali Item Belakang Wisma Atlet Tetap Bau Busuk

Pebriansyah Ariefana | Yosea Arga Pramudita
Dipasang Waring, Kali Item Belakang Wisma Atlet Tetap Bau Busuk
Waring di Kali Item di Belakang Wisma Atlet Kemayoran. (Suara.com/Arga)

Pemasangan waring tersebut dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai salah satu cara mengatasi bau tak sedap.

Suara.com - Kali Sentiong atau Kali Itemdi Belakang Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat masih berbau busuk. Padahal Kali Item sudah dipasang waring atau jaring berbahan nilon di atasnya khusus untuk menyambut Asian Games 2018.

Maksud hati, waring itu untuk memperindah dan menghindari bau busuk air kali item. Suara.com yang mendatangi kali item tetap mencium bau busuk dari arah kali. Di tambah angin semilir menyebar bau itu di sepanjang jalan setapak kali.

Pemasangan waring tersebut dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai salah satu cara mengatasi bau tak sedap sebelum gelaran Asian Games 2018. Hal itu mengingat banyak atlet mancanegara yang menginap di Wisma Atlet.

Kali Sentiong akan dipasang waring dengan panjang 689 meter dan lebar 20 meter mulai dari Jembatan Mato hingga Jembatan Jubilee School. Waring sudah terpasang di atas aliran Kali Sentiong. Dibagian yang belum terpasang waring, sling berbahan baja dan dudukan besi di dinding pembatas kali sudah terpasang.

Nayo (58) warga Sunter yang sering bersepeda di sekitar Kali Sentiong menuturkan jika aroma tak sedap tetap mengaur meski waring sudah terpasang di beberapa bagian di Kali Sentiong. Dirinya menyebut sudah seminggu belakangan proses pemasangan waring telah dilakakukan.

"Baunya sama saja, cuma dengan ada waring ini kali jadi tidak terlihat hitam," ujar Nayo di Kali Sentiong, belakang Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (20/7/2018).

Nayo menuturkan jika hitamnya di Kali Sentiong sudah sejak lama terjadi. Aroma tidak sedap dari Kali Sentiong, menurut Nayo, itu akibat dari limbah sampah yang berada di di kali tersebut.

"Kalau hitam dan bau memang sudah lama. Setiap saya melintas memang bau banget. Namun setiap ada giat bersih-bersih kali bau perlahan menghilang," jelasnya.

Meski aroma tak sedap tetap mengaur, Nayo mengapresiasi pemasangan waring di sepanjang Kali Sentiong. Dirinya menuturkan dengan adanya waring, setidaknya warna hitam pekat tidak terlihat meski aroma tak sedap tetap mengaur.

"Setidaknya dengan pemasangan waring ini Kalinya jadi terlihat tidak hitam walaupun baunya tetap saja tidak enak," tandas Nayo.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS