Anies Belum Pulang, Sekda Pergi ke Semarang, Jakarta Dipegang Siapa?

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Anies Belum Pulang, Sekda Pergi ke Semarang, Jakarta Dipegang Siapa?
Gubernur DKI jakarta Anies Baswedan berpose di ruang kerjanya di Balai Kota, Jakarta, Kamis (5/7).[Suara.com/Muhaimin A Untung]

"Penyerahannya hanya malam ini, langsung balik," pungkasnya.

Suara.com - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah bertolak ke kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/7/2019), hari ini.

Saefullah yang juga menjadi Pelaksana Harian (Plh) pengganti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pergi saat Anies belum kembali ke Jakarta.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir, Saefullah pergi untuk menghadiri Penerimaan Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 di Hotel Gumaya Tower, malam ini.

Menurut Chaidir, jabatan Gubernur tidak berarti kosong. Selama tak ada Saefullah dan Anies, tugas Gubernur digantikan oleh Asisten Sekda.

Kepala BKD DKI Jakarta, Chaidir. (Suara.com/Fakhri).
Kepala BKD DKI Jakarta, Chaidir. (Suara.com/Fakhri).

"Enggak (kosong), kan ada asisten. Sekda menghadiri penghargaan pelayanan publik menggantikan Anies," ujar Chaidir di Balai Kota, Kamis (18/7/2019).

Nantinya dalam pengambilan keputusan, kata Chaidir, Anies tetap berperan. Anies, Sekda dan asisten akan melakukan koordinasi melalui telepon atau WhatsApp.

"Tetap gubernur kalau keputusan. Kami punya saluran komunikasi bisa melalui telepon, WA bisa," jelas Chaidir.

Namun menurut Chaidir, kepergian Saefullah tidak lama setelah acara. Rencananya malam ini setelah acara tersebut Saefullah akan segera kembali ke Jakarta.

"Penyerahannya hanya malam ini, langsung balik," pungkasnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan diagendakan sudah kembali ke Jakarta hari ini. Namun, kedatangannya ditunda karena ada agenda lain yang harus dikerjakan.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH KLN) DKI Jakarta, Mawardi mengatakan Anies sudah mengirim surat penambahan agendanya di luar negeri ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. Rencananya Anies akan tiba di Jakarta besok, Kamis (18/7/2019).

"Kan kami ada agenda tambahan dan kami sudah sampaikan, bersurat ke Pak Menteri untuk besok tiba di Jakarta," ujar Mawardi saat dihubungi, Kamis (18/7/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS