33 Orang Tewas di Wamena, Jokowi: Masyarakat Tenang, Jangan Terprovokasi

Dwi Bowo Raharjo
33 Orang Tewas di Wamena, Jokowi: Masyarakat Tenang, Jangan Terprovokasi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Biro Pers Istana Kepresidenan)

Jokowi menduga kerusuhan yang terjadi di Wamena dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau seluruh masyarakat di Papua tidak terhasut oleh isu-isu fitnah dan kabar bohong yang bereda, Untuk itu mereka diminta untuk saling menahan diri.

"Seluruh masyarakat tetap tenang, menahan diri dan menghindarkan dari semua provokasi-provokasi dan fitnah-fitnah yang kita lihat di media sosial begitu sangat banyaknya isu-isu yang ditebarkan," kata Jokowi dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (30/9/2019).

Jokowi menuturkan, pasca kerusuhan di Wamena pada 23 September lalu banyak masih banyak warga yang mengungsi, khususnya para perantau. Para perantau kata Jokowi, dievakuasi ke Jayapura.

Terkait itu, Jokowi mengimbau warga untuk tidak keluar dari Wamena karena aparat keamanan terus berjaga.

Menurut Jokowi, kepala suku yang ada di Lembah Baliem juga telah mengajak dan mengimbau seluruh warga untuk tidak mengungsi dari Wamena. Aparat keamanan juga terus bertugas melindungi seluruh masyarakat.

Kerusuhan yang terjadi di Wamena kata Jokowi, diduga dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata.

"Jadi jangan ada yang menggeser-geser menjadi seperti sebuah konflik etnis, itu bukan. Ini adalah kelompok kriminal bersenjata yang dari atas di gunung turun ke bawah dan melakukan pembakaran-pembakaran rumah warga," kata Jokowi.

Seain itu Jokowi mengaku sudah memerintahkan Menko bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto serta Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menangkap semua perusuh.

Selain itu Kepala Negara menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya sejumlah korban akibat insiden kerusuhan di Wamena yang berjumlah 33 orang. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS