Sejumlah Menteri Berpakaian Wayang, Ribuan Alumni UGM akan Nitilaku

Silfa Humairah Utami
Sejumlah Menteri Berpakaian Wayang, Ribuan Alumni UGM akan Nitilaku
Ribuan Alumni UGM akan Nitilaku dan sejumlah menteri dijadwalkan hadir. (Putu Ayu)

Ini menteri yang dijadwalkan hadir pada Nitilaku alumni UGM

Suara.com - Sejumlah Menteri Berpakaian Wayang, Ribuan Alumni UGM akan Nitilaku

Ribuan alumni dan civitas akademika UGM akan mengikuti Nitilaku UGM pada Minggu (15/12/2019). Dalam pawai budaya yang digelar setiap tahun itu, sejumlah menteri yang merupakan alumni dijadwalkan hadir seperti Pratikno (Mensesneg), Mahfud MD (Menkopolhukam), Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR), Retno Marsudi (Menlu), Airlangga Hartarto (Menperin) dan Budi Karya Sumadi (Menhub).

Mereka akan mengikuti pawai Bersama sivitas akademika UGM, yakni mahasiswa, dosen, hingga karyawan UGM, alumni UGM, KAGAMA, Ikatan Pelajar Mahasiswa Daerah (IKPMD) di Yogyakarta, Dharmasiswa, komunitas seni Yogyakarta dan masyarakat DIY dari Keraton Yogyakarta menuju ke UGM.

Rektor UGM, Panut Mulyono di kampus setempat, Jumat (13/12/2019) mengungkapkan, nitilaku yang mengusung tema “Menggugah Warisan- Bersama Kebangsaan dan Berbudaya” dimeriahkan ribuan peserta pawai yang mengenakan kostum wayang, busana pejuang dan pakaian adat Nusantara. Dipilihnya wayang karena merupakan budaya bangsa Indonesia yang sarat makna keteladanan, kepahlawanan, ketokohan, kebijaksanaan.

Menteri yang dijadwalkan hadir pun akan turun memakai kostum wayang, busana pejuang atau pakaian adat Nusantara nantinya.

"Kebudayaan yang merupakan salah satu jati diri UGM sebagai universitas pusat kebudayaan,” ungkapnya.

Panut menjelaskan, nitilaku selama ini menjadi salah satu agenda penting perayaan Dies Natalis UGM. Sebab menjadi menjadi ajang pertemuan bagi para alumni UGM yang telah tersebar ke berbagai penjuru dunia serta sivitas akademika UGM yang memiliki latar belakang berbeda-beda.

"Suasana kebersamaan dalam berbagai perbedaan memberi warna dalam nitilaku. Bahkan jadi salah satu daya tarik bagi keluarga besar UGM maupun masyarakat Yogyakarta," ungkapnya.

Sementara Ketua Penyelenggara Nitilaku 2019, Hendrie Adji Kusworo, mengungkapkan, nitilaku menjadi acara kultural yang dihadirkan bagi masyarakat Yogyakarta yang telah menjadi bagian penting dari keberadaan UGM. Selain itu jadi event kultural dan hiburan bagi masyarakat Yogyakarta.

"Masyarakat tidak hanya ikut di dalam barisan pawai, tetapi juga terlibat dalam aktivitas,” imbuhnya.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS