Tak Lagi Kebanjiran, Begini Antisipasi Banjir Ala Surabaya

Fabiola Febrinastri
Tak Lagi Kebanjiran, Begini Antisipasi Banjir Ala Surabaya
Ilustrasi rumah pompa Morokrembangan. (Dok : Pemkot Surabaya)

Skema penanganan banjir yang matang menjadi kunci pengentasan banjir di Kota Pahlawan ini.

Suara.com - Persoalan banjir kerap kali menghantui suatu daerah, jika tidak diantisipasi dengan benar. Di Surabaya, banjir nyaris menjadi kisah masa lalu. Skema penanganan banjir yang matang dan perbaikan di semua sektor menjadi kunci pengentasan banjir di Kota Pahlawan ini.

Sejak awal Tri Rismaharini menjabat Wali Kota Surabaya pada tahun 2010-2011, hampir separuh atau 50 persen wilayah Kota Surabaya kebanjiran. Dengan kegigihannya membuat skema penanganan banjir dan perbaikan di semua sektor, akhirnya banjir di Kota Surabaya nyaris tidak lagi ditemukan.

Meskipun masih ada genangan air, dapat dipastikan air itu akan cepat surut seiring berhentinya hujan.

Pengalaman kebanjiran 10 tahun silam, pasti masih melekat di benak warga Kota Surabaya. Mereka masih ingat betul ketika berjibaku dengan air, baik di rumah maupun di jalanan Surabaya.

Bahkan tak jarang, kawasan Mayjen Sungkono, terutama Kompleks Darmo Park Vida Swalayan menenggelamkan sepeda motor yang sedang diparkir.

“Waktu itu, saya lihat bioskop di sana (Darmo Park Vida Swalayan). Baru 1 jam hujan, lha kok sepeda saya sudah tenggelam, tinggal kelihatan spionnya saja, sedih saya. Sekarang, saya sudah tidak melihat itu lagi di Vida, aman terkendali sekarang,” kata Suparno, warga Dukuh Pakis, Kelurahan Dukuh Pakis, Kecamatan Dukuh Pakis, Surabaya.

Ilustrasi Wonorejo. (Dok : Pemkot Surabaya)
Ilustrasi Wonorejo. (Dok : Pemkot Surabaya)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS