Viral, Mesin ATM Ini Sediakan Beras Gratis Bagi Rakyat Miskin

Dany Garjito | Ruhaeni Intan
Viral, Mesin ATM Ini Sediakan Beras Gratis Bagi Rakyat Miskin
Ilustrasi beras. (Shutterstock)

ATM jenis baru itu menyediakan beras gratis bagi rakyat miskin yang membutuhkan.

Suara.com - Sebuah perusahaan di Vietnam menemukan teknologi baru yaitu ATM Beras yang dikhususkan bagi rakyat miskin. Perusahaan yang bernama PHGLock itu menyediakan ATM Beras persis di depan kantor mereka yang terletak di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. 

Layaknya ATM lainnya, mesin itu bisa dioperasikan hanya dengan menekan tombol yang telah disediakan. Setelah ditekan, selanjutnya beras seberat satu kilogram akan keluar lewat saluran pipa yang terhubung dengan mesin. Sangat mudah sekali. 

Tak hanya itu, mesin itu juga bebas digunakan bagi siapa saja yang membutuhkan khususnya rakyat miskin di sekitar kota Ho Chi Minh. Masyrakat setempat juga tak membutuhkan uang sepeserpun untuk memperoleh beras dari ATM itu.

Mereka hanya perlu mengantre sambil tetap melakukan anjuran jaga jarak.

"Vietnam baru saja menemukan ATM jenis baru: ATM Beras. Masyarakat hanya perlu menekan tombol dan satu kilogram beras akan keluar," kata seorang warganet pengguna Twitter @LunaOi_VN.

ATM Beras di Vietnam (Twitter).
ATM Beras di Vietnam (Twitter).

Ia juga menambahkan keterangan bahwa ATM Beras itu hanya diperuntukkan bagi warga yang tidak mampu. 

"Dan ini khusus untuk rakyat miskin dan gratis tis," lanjutnya. 

ATM Beras yang dibuat oleh PHGLock itu juga memiliki slogan. 

"Slogan: ambil lah jika kamu benar-benar sedang kekurangan.  Berikan kepada yang lain jika kamu tidak membutuhkan," kata @LunaOi_VN. 

Dikutip dari The Smart Local, meskipun bisa diakses bebas oleh siapapun namun ATM Beras itu tetap diawasi oleh pegawai PHGLock selama 24 jam setiap hari. Rupanya tombol yang ada pada mesin berfungsi untuk memberi alarm pada petugas yang ada di dalam kantor untuk segera menuang beras.

Area sekitar ATM Beras juga dilengkapi dengan kamera CCTV sehingga petugas bisa mengawasi agar tak terjadi kecurangan. 

Hoang Tuan Anh, lelaki yang berada di balik ide cemerlang itu mengatakan bahwa warga sekitar tak perlu berkerumun untuk mendapatkan beras karena mesin beroperasi selama 24 jam. Dengan demikian, masyarakat masih bisa melakukan #JagaJarak agar tak tertular virus corona. 

"Karena mesin beroperasi 24/7, orang tidak perlu datang ke sini selama jangka waktu tertentu. Ini berarti kita  dapat menghindari kerumunan," katanya seperti dikutip dari The Smart Local

Ide cemerlang ini pun disambut baik oleh warganet. Banyak yang memuji penemuan tersebut karena bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu. 

"Vietnam kembali menang melawan Amerika untuk kedua kalinya," kata akun @SexyMasterChief. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS