Samakan Istri dengan Corona, Aktivis Sebut Mahfud Abaikan Suara Perempuan

Chandra Iswinarno | Ria Rizki Nirmala Sari
Samakan Istri dengan Corona, Aktivis Sebut Mahfud Abaikan Suara Perempuan
Mahfud MD dalam acara halal bihalal virtual yang diadakan UNS (YouTube).

Dea menilai reproduksi candaan seksis semacam itu justru menguatkan, jika Mahfud sebagai pejabat publik mengabaikan suara perempuan dalam penanganan Covid-19.

Suara.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sempat menyebutkan sebuah meme yang berisi kata-kata 'Corona Is Like Your Wife' atau menyamakan Virus Corona atau Covid-19, seperti istri yang sulit ditaklukkan.

Merespons hal tersebut, aktivis feminis Dea Safira menilai, yang dilakukan Mahfud justru tampak mengabaikan sosok suara-suara perempuan di tengah pandemi Covid-19. Dea menilai reproduksi candaan seksis semacam itu justru menguatkan, kalau Mahfud sebagai pejabat publik mengabaikan suara-suara perempuan yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

"Sebagai pejabat publik yang mereproduksi candaan seksis, mereka turut menguatkan dan mengabaikan pentingnya mendengarkan suara-suara perempuan di tengah pandemi seperti ini," kata Dea saat dihubungi Suara.com, Rabu (27/5/2020).

Wanita yang juga menulis buku 'Membunuh Hantu-Hantu Patriarki' itu juga menganggap, yang dilakukan Mahfud menunjukkan inkompetennya dalam menangani Covid-19. Alih-alih menyampaikan kabar baik, dengan bangganya Mahfud malah mengeluarkan candaan seksis yang menyinggung sosok seorang istri.

"Menurut saya ini menunjukkan sebuah inkompetensi seseorang dalam menjalankan tugasnya sebagai pejabat negara dan pengabaian pemerintah dalam menangani Corona disertai dengan abainya mereka dengan kekerasan yang terjadi di ranah personal terhadap perempuan," ujarnya.

"Orang yang tidak kompeten cenderung mencari kambing hitam untuk disalahkan dan dijadikan bahan candaan. Daripada dengan serius menanggapi ini, mereka menggunakan perempuan sebagai bahan candaan," pungkasnya.

Sebelumnya, Mahfud menyebut kalau Virus Corona atau Covid-19 itu bak seorang istri yang tidak bisa ditaklukkan. Maka dengan begitu harus belajar bagaimana caranya hidup dengan kondisi tersebut.

Hal tersebut diperolehnya dari sebuah meme yang ia dapatkan dari Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Meme yang ia dapatkan itu berisikan tentang Covid-19 yang dibandingkan dengan sosok seorang istri.

Meme itu dibuat dalam tulisan berbahasa Inggris yakni corona is like your wife. In easily you try to control it, then you realize that you can't. Than you learn to live with it.

"Corona itu seperti istrimu, ketika kamu mau mengawini kamu berpikir kamu bisa menaklukan dia. Tapi sesudah menjadi istrimu, kamu tidak bisa menaklukkan istrimu," kata Mahfud saat mengisi acara Halal Bihalal Keluarga Besar Universitas Sebelas Maret secara virtual, Selasa (26/5/2020).

Pemerintah pun berupaya untuk mewujudkan meme tersebut dengan menerapkan kebijakan lain yakni menjalani kehidupan normal baru atau new normal. Kebijakan ini diambil setelah pemerintah sempat menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS