Untuk Pertama Kali, Donald Trump Terlihat Mengenakan Masker di Depan Publik

Dany Garjito | Hikmawan Muhamad Firdaus
Untuk Pertama Kali, Donald Trump Terlihat Mengenakan Masker di Depan Publik
Donald Trump pertama kali terlihat mengenakan masker di depan publik.[Twitter/@parscale]

Trump mengenakan masker saat berkunjung ke Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda.

Suara.com - Presiden Donald Trump untuk pertama kali terlihat mengenakan masker di depan publik selama pandemi virus corona menyerang Negeri Paman Sam.

Menyadur NBC News, Minggu (12/7/2020), Donald Trump beserta stafnya pada hari Sabtu (11/7) terlihat mengenakan masker di hadapan publik untuk pertama kalinya.

Trump mengenakan masker hitam saat berkunjung ke Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland, Sabtu (11/7). Tempat tersebut memang mewajibkan pemakaian masker sebagai cara mencegah penyebaran Covid-19.

Momen tersebut merupakan pertama kalinya Trump mematuhi aturan penggunaan masker di setiap tempat yang ia kunjungi.

Pada kunjungan ke pabrik mobil Ford di Ypsilanti, Michigan, pada 21 Mei, perusahaan mengatakan mewajibkan penggunaan masker untuk semua pengunjung, tetapi Trump memakai saat melakukan tur saja, tidak di hadapan para media. "Aku tidak ingin memberi pers kesenangan melihatnya," ujarnya.

Di Amerika Serikat, penggunaan masker menjadi masalah politik karena beberapa pengikut Trump menganggapnya sebagai salah satu tanda pada oposisi liberal.

Trump belum menyerukan mandat untuk mengenakan masker secara nasional bahkan ketika beberapa ahli medis pemerintah sendiri, termasuk Dr. Anthony Fauci, menyarankan memakai masker sebagai kunci untuk mencegah penyebaran virus.

Amerika Serikat telah mencatatkan hampir 3.250.000 kasus dan lebih dari 135.000 kematian hingga Sabtu (11/7), menurut penghitungan NBC News.

Masker dianggap sebagai salah satu cara kunci keberhasilan melawan virus di negara lain seperti Jepang dan Korea Selatan.

Andrew Bates, juru bicara calon Presiden Joe Biden dari partai Demokrat, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Biden telah memimpin dengan memberi contoh mengenakan masker di depan umum.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS