Usai Lomba Video, Kemendagri Gelar Lomba Protokol Kesehatan Antardaerah

Agung Sandy Lesmana | Stephanus Aranditio
Usai Lomba Video, Kemendagri Gelar Lomba Protokol Kesehatan Antardaerah
Kantor Kementrian Dalam Negeri [suara.com/Welly Hidayat]

"...Apakah yang menang video ini nanti akan memenangkan praktiknya, belum tentu, tujuan utamanya adalah memberikan edukasi..."

Suara.com - Kementerian Dalam Negeri akan menambahkan kategori sebagai tindak lanjut dari Lomba Inovasi Daerah yang sejauh ini telah digelar lomba video sosialisasi pencegahan virus corona covid-19.

Plt Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA menjelaskan kategori selanjutnya yang akan dilombakan adalah lomba penerapan protokol kesehatan yang bisa diikuti seluruh pemerintah daerah.

"Ini baru lomba videonya, lomba prakondisinya, berikutnya kami sudah mulai berdiskusi lomba penerapannya. Apakah yang menang video ini nanti akan memenangkan praktiknya, belum tentu, tujuan utamanya adalah memberikan edukasi. Harapan kita dengan edukasi yang semakin baik maka rakyat memperoleh pengetahuan yang lebih baik," kata Safrizal dalam diskusi dari BNPB, Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Dia membeberkan masa penilaian kategori penerapan inovasi daerah dalam penanggulangan pandemi corona ini akan dilakukan pada September-Oktober 2020.

"Nanti bisa jadi di bulan September Oktober, kami akan menilai penerapannya, tentu penerapan kita lihat dari angka-angka apakah tingkat kesiapan masyarakatnya sudah ada, pasar-pasar sudah berjalan, tentu lomba pelaksanaannya terpisah dengan lomba video," kata dia.

Lomba Inovasi Daerah dimulai pada 29 Mei 2020 dengan pengumuman pemenang dan penganugerahan hadiah pada 22 Juni oleh Wakil Presiden Maruf Amin didampingi oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian, beserta sejumlah menteri, seperti Menteri Kesehatan, Menteri Perdagangan, Kepala BNPB dan Gugus Tugas COVID-19 Doni Monardo.

Acara penyerahan hadiah pemenang lomba diikuti oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Antusiasme peserta lomba dari daerah tampak dari banyaknya video lomba yang dikirimkan, yaitu mencapai 2.517 video.

Sebanyak 84 pemda terpilih sebagai pemenang pertama, kedua dan ketiga, pada 4 kategori dan 7 sektor. Masing-masing pemenang memperoleh hadiah berupa dana insentif daerah (DID) senilai Rp3 miliar, Rp2 miliar, dan Rp1 miliar, sehingga totalnya mencapai Rp168 miliar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS