Ketua Bawaslu: APD Sangat Penting untuk Penyelenggara Pilkada 2020

Dwi Bowo Raharjo
Ketua Bawaslu: APD Sangat Penting untuk Penyelenggara Pilkada 2020
Ketua Bawaslu Abhan. (Suara.com/Muhammad Yasir)

Abhan berharap tambahan anggaran tersebut segera cair untuk melancarkan kontestasi Pilkada 2020.

Suara.com - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Abhan, meminta agar ada tambahan anggaran untuk Pilkada 2020. Anggaran tersebut bisa bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Hal itu disebabkan perlunya standar protokol kesehatan Covid-19 yang ketat untuk memenuhi proses Pilkada 2020 seperti alat pelindung diri (APD) khusus Covid-19.

"Saat Covid-19, APD sangat penting digunakan bagi penyelenggara saat pilkada," jelasnya saat vidio conference, Rabu (12/8/2020).

Untuk itu, ia berharap tambahan anggaran tersebut segera cair untuk melancarkan kontestasi Pilkada 2020. Jika tidak ada tambahan dari dana APBN beberapa persiapan untuk Pilkada 2020 akan kurang.

"Iya ini kita melaksanakan Pilkada dalam keadaan pandemi, sementara anggaran sebelumnya belum menghitung kebutuhan saat pilkada," ucapnya.

Menurutnya memang harus segera ada penyesuaian anggaran agar penyelenggaraan Pilkada 2020 bisa terlaksana dengan aman. Ia menyebut hal itu penting agar warga benar-benar yakin soal keamanan saat mencoblos.

"Persiapan melalui anggaran APBN harus segera dicairkan, agar masyarakat bisa diberi sosialisasi secepatnya," kata dia.

Kontributor : Dafi Yusuf

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS