Jokowi: Jakob Oetama Bukan Hanya Tokoh Pers, Tapi Tokoh Bangsa

Erick Tanjung | Ummi Hadyah Saleh
Jokowi: Jakob Oetama Bukan Hanya Tokoh Pers, Tapi Tokoh Bangsa
Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama (Kolase foto/Arsip Kompas Gramedia)

Jokowi mengatakan sosok Jakob Oetama bukan hanya sekadar tokoh pers tanah air, namun juga tokoh bangsa.

Suara.com - Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa belasungkawa atas wafatnya pendiri Kompas Gramedia yang juga Pemimpin Umum Harian Kompas, Jakob Oetama. Almarhum menghembuskan nafas terakhir pada usia ke-88 tahun di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ucapan duka cita disampaikan Jokowi melalui akun instagram @jokowi. Jokowi mengatakan sosok Jakob Oetama bukan hanya sekadar tokoh pers tanah air, namun juga tokoh bangsa.

"Saya sungguh-sungguh merasa kehilangan atas kepergian Bapak Jakob Oetama, hari ini, Rabu 9 September 2020. Almarhum bukan sekadar seorang tokoh pers, pendiri dan pemimpin surat kabar Harian Kompas atau kelompok Kompas Gramedia, tetapi adalah tokoh bangsa ini," kata Jokowi yang dikutip Suara.com, Rabu (9/9/2020).

Mantan Wali Kota Solo itu mengingat sosok Jakob Oetama adalah seorang jurnalis sejati dengan semangat juang dan daya kritis yang tinggi, serta pandangan yang bernuansa kemanusiaan.

Baca Juga: Jakob Oetama Akan Dimakamkan di TMP Kalibata, Ini Alasannya

"Ia selalu menyampaikan pandangan dan kritiknya itu dalam bahasa yang halus dan santun," ucap dia.

Tak lupa, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada mendiang Jakob Oetama yang memberikan warisan kebajikan dan jasanya dalam dunia pers Indonesia.

"Selamat jalan Pak Jakob Oetama. Terima kasih untuk warisan kebajikan dan jasa almarhum untuk dunia pers dan bangsa ini. Semoga segala amal pengabdian almarhum mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan tetap kuat dan tabah," katanya.

Kekinian jenazah Jakob Oetama disemayamkan di gedung Kompas Gramedia, Palmerah, Jakarta Barat.

Baca Juga: Duka Cita Mahfud MD ke Jakob Oetama: Semoga Beliau Dapatkan Surga-Nya

Komentar