Pemkab Pessel Aktifkan Lagi Rusunawa untuk Tempat Isolasi Pasien Corona

Chandra Iswinarno
Pemkab Pessel Aktifkan Lagi Rusunawa untuk Tempat Isolasi Pasien Corona
Rumah susun sewa (Rusunawa) di Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai. [Foto: Padangkita.com/Ist]

Kebijakan membuka kembali rusunawa sangat penting karena dalam waktu sebulan terakhir terjadi lonjakan kasus positif di daerahnya.

Suara.com - Terjadinya lonjakan kasus Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) membuat pemerintah setempat mengambil kebijakan membuka kembali rumah susun sewa (Rusunawa) di Painan Selatan.

Kebijakan tersebut disampaikan Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Hendrajoni yang meminta Gugus Tugas Covid-19 di pemerintahannya segera membuka kembali rusunawa tersebut.

“Saya minta Sekda bersama Gugus Tugas membuka kembali Rusunawa untuk lokasi isolasi pasien Covid-19,” katanya seperti dilansir Padangkita.com-jaringan Suara.com pada Rabu (16/9/2020).

Dia mengemukakan, kebijakan membuka kembali rusunawa sangat penting karena dalam waktu sebulan terakhir terjadi lonjakan kasus positif di daerahnya.

Ditambah, pelaksanaan isolasi mandiri tidak efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena selama isolasi mandiri di rumah, pasien Covid-19 berpotensi kontak dengan keluarga dan masyarakat lain.

Berkaitan dengan rencana dibukanya kembali Rusunawa, Hendrajoni juga menyatakan sudah memerintahkan Sekda bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) mengalokasikan anggaran sesuai kebutuhan.

“Walau sesulit apa pun, anggaran untuk penanganan Covid-19 harus disediakan, karena ini menyangkut keselamatan nyawa masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Sekda Pessel Erizon mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat bersama tim Gugus Tugas dan TAPD untuk menindaklanjuti permintaan bupati.

Dalam rapat tersebut, kata dia, dia sudah membahas detail segala sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan anggaran dan personel untuk operasional rusunawa.

“Kita sudah membagi tugas kepada tim Gugus Tugas sesuai tugas fungsi masing-masing guna persiapan operasional Rusunawa,” katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS