alexametrics

Kebakaran di SPBU MT Haryono, Polisi Akan Gali Keterangan Sopir Truk BBM

Dwi Bowo Raharjo | Yosea Arga Pramudita
Kebakaran di SPBU MT Haryono, Polisi Akan Gali Keterangan Sopir Truk BBM
Tangkapan layar truk tangki BBM terbakar di SPBU MT Haryono, Jakarta Timur, hingga menimbulkan suara dentuman pada, Selasa (1/12/2020) siang. [Instagram@lensapusat71]

Setelah pemeriksaan saksi dan hasil dari Puslabfor sudah keluar, maka polisi baru dapat memastikan penyebab kebakaran.

Suara.com - Jajaran Polres Metro Jakarta Selatan telah memasang garis polisi di SPBU jalan Letjen M. T. Haryono, Tebet Barat, Jakarta Selatan. Kini, polisi akan memeriksa keterangan sejumlah saksi yang mengetahui insiden tersebut.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Budi Sartono, mengatakan pihaknya juga tengah menunggu hasil dari Puslabfor guna mengetahui penyeban kebakaran. Untuk itu, dia belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut ihwal kebakaran tersebut.

"Setelah kami panggil Puslabfor, saksi-saksi kami minta keterangan, baru hasilnya kami rilis," kata Budi di lokasi, Selasa (1/12/2020).

Budi melanjutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak SPBU. Ia menyebut pihak SPBU siap kooperatif dalam memberikan keterangan.

Baca Juga: Truk Tangki BBM Terbakar, SPBU di MT Hartono Digaris Polisi

"Sementara tadi sudah koordinasi, mereka akan bekerja sama penuh dengan pihak kepolisian. Mereka akan memberikan keterangan kepada pihak kepolisian. Seluruh saksi-saksi yang ada di SPBU akan kooperatif akan diminta keternagan," jelasnya.

Salah satu saksi yang rencananya akan dimintai keterangan adalah sopir truk pengangkut BBM. Jika pemeriksaan saksi dan hasil dari Puslabfor sudah keluar, maka polisi baru dapat memastikan penyebab kebakaran.

"Mulai dari sopir tanki akan diminta keterangan. Intinya kami akan meminta keterangan secara penuh dulu, olah TKP dulu full baru kami memastika sebenarnya kebakaran ini karena apa," imbuh Budi.

Insiden bermula saat mobil tangki sedang mengisi muatan bahan bakar. Pengisian sempat tertunda karena padamnya aliran listrik di Jakarta Selatan. Diduga, pemicu kebakaran beradal dari pompa alat pengisian bahan bakar menuju tangki.

Merujuk pada keterangan saksi, Budi menyebut jika mobil tersebut tiba di lokasi sekira pukul 09.00 WIB. Namun, proses pengisian bahan bakar itu sempat tertunda lantaran listrik sedang padam.

Baca Juga: Foto-foto Truk Tangki BBM Terbakar di SPBU MT Haryono Jakarta

Oleh karena itu, pengisian baru bisa dilakukan setelah listrik menyala, tepatnya pada pukul 11.30 WIB. Namun, saat proses pengisian berlangsung, terjadi percikan sehingga kebakaran terjadi.

Sebelumnya warga di sekitar SPBU mendengar suara dentuman sesaat sebelum terjadi kebakaran. Kejadian tersebut sempat dilaporkan oleh pemilik akun media sosial "@lensapusat71" sekitar pukul 12.00 WIB.

Tampak unggahan video berdurasi 1 menit memperlihatkan kepulan asap hitam dari lingkungan SPBU. "Informasi kejadian kebakaran wilayah Jakarta Selatan di pom bensin depan Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan. Jalan MT Haryono RT003 RW003 Kelurahan Cikoko, Kecamatan Pancoran Jakarta Selatan," katanya.

Komentar