alexametrics

Profil Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Kesehatan RI

Rifan Aditya
Profil Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Kesehatan RI
Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Kesehatan RI (dok RS MMC)

Untuk lebih mengenal Wakil Menteri Kesehatan yang baru ini, berikut profil Dante Saksono Harbuwono selengkapnya.

Suara.com - Dante Saksono Harbuwono telah resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang baru. Dante Saksono nantinya akan membantu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam menjalankan tugasnya. Simak profil Dante Saksono Harbuwono, Wamenkes yang baru.

Penunjukkan Dante ini merupakan hasil perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Pelantikan tersebut baru saja digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada hari Rabu tanggal 23 Desember 2020 pukul 09.30 WIB.

Sebelum dilantik menjadi Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dante telah menjabat sebagai Ketua Divisi Metabolik Endokrin FKUI-RSCM. Nah, untuk lebih mengenal Wakil Menteri Kesehatan yang baru ini, berikut profil Dante Saksono Harbuwono selengkapnya. 

Latar Belakang Dante Saksono Harbuwono

Baca Juga: Profil Djoko Saptoadji, Suami Tri Rismaharini yang Jarang Disorot Publik

Dante Saksono Harbuwono adalah seorang putra dari pasangan Drs. R. Suprapto dan Sunarsih. Dante menyelesaikan pendidikan sekolah dasar di SD Negeri Tangerang II kemudian dilanjutkan di SMP Negeri Tangerang II, SMA Negeri 1 Tangerang.

Ia kuliah kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Diketahui saat lulus SMA, Dante mengaku awalnya ingin memilih jurusan informatika di ITB. Namun karena permintaan orang tua Dante melanjutkan sekolah di jurusan kedokteran. Saat awal kuliah di FKUI pada tahun 1991 Dante mengaku masih belum tertarik di dunia kedokteran tetapi dengan berjalannya waktu dirinya semakin mencintai dunia tersebut.

Karier Dante Saksono Harbuwono

Dante Saksono Harbuwono merupakan seorang Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Endokrin-Metabolik-Diabetes). Pria yang memiliki hobi fotografi dan audiophile ini lahir di Temanggung, pada tanggal 23 Maret 1973.

Dengan gelar Sp.PD, PhD, KEMD, Dante menjadi lulusan pendidikan Kedokteran Umum Universitas Indonesia pada tahun 1997. Kemudian Dante melanjutkan ke pendidikan Spesialis Penyakit Dalam di Universitas Indonesia, dan tamat pada tahun 2004.

Baca Juga: Profil Bianca Adinegoro, Istri Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi

Dokter yang praktek di RS MMC Jakarta dan RS Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta ini telah meraih gelar PhD. Dante berhasil menyelesaikan pendidikan di bidang Molecular Diabetes di University of Yamanashi, Jepang pada tahun 2008.

Komentar