alexametrics

Profil Negara ASEAN dari Indonesia hingga Kamboja

Rifan Aditya
Profil Negara ASEAN dari Indonesia hingga Kamboja
Ilustrasi profil Negara ASEAN (Shutterstock)

Berikut ini profil negara ASEAN dari Indonesia hingga Kamboja.

Suara.com - Dalam situs resmi ASEAN disebutkan, negara-negara anggota ASEAN, berdasarkan tanggal menjadi anggota, adalah Indonesia (8 Agustus 1967), Malaysia (8 Agustus 1967), Singapura (8 Agustus 1967),  Thailand (8 Agustus 1967), Filipina (8 Agustus 1967),  Brunei Darussalam (8 Januari 1984), Vietnam (28 Juli 1995), Laos (23 Juli 1997), Myanmar (23 Juli 1997), dan Kamboja (30 April 1999). Mari kita kenali profil negara ASEAN tersebut.

1. Indonesia

Indonesia adalah negara berkepulauan terbesar di Asia Tenggara. Indonesia berada di antara dua daratan benua Asia dan Australia, serta di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Sejarah Indonesia dipengaruhi oleh bangsa-bangsa lainnya.

Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting sejak abad ke 7, pada jaman Kerajaan Sriwijaya, kerajaan Hindu-Buddha berpusat di Palembang. Indonesia juga merupakan anggota dari PBB dan juga anggota dari organisasi negara KAA, APEC, OKI, G-20 dan OECD. Kepala negara Indonesia bergelar presiden dan ibukota Indonesia ialah Jakarta.

Baca Juga: Larangan Warga Asing Masuk Indonesia Diperpanjang sampai 28 Januari

2. Malaysia

Malaysia merupakan negara federal. Terdiri atas 13 negara bagian dan tiga wilayah federal di Asia Tenggara. Ibu kotanya Kuala Lumpur sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan federal.

Negara Malaysia terbagi dalam dua kawasan oleh Kepulauan Natuna yakni Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Kepulauan Natuna sendiri merupakan kepulauan yang masuk wilayah Indonesia di Laut Tiongkok Selatan. Kepala Negara Malaysia adalah seorang Raja bergelar sultan.

3.  Singapura

Profil negara ASEAN Singapura dapat dilihat di situs resminya. Dipaparkan bahwa Singapura merupakan negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, di utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Singapura menjadi negara pusat keuangan terdepan ketiga di dunia dan merupakan negara dengan kota dunia kosmopolitan.

Baca Juga: Pentingkah Bahasa Indonesia yang Baik dalam Menerapkan Hukum?

Singapura memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan Internasional. Singapura merupakan negara republik parlementer. Tampuk kekuasaan eksekutif Singapura dipegang oleh Perdana Menteri Singapura.

Komentar