alexametrics

Harta Kekayaan Listyo Sigit Prabowo, Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi

Rifan Aditya
Harta Kekayaan Listyo Sigit Prabowo, Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi
Harta kekayaan Listyo Sigit Prabowo - Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo (kanan) saat konferensi pers di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (21/12/2020). [ANTARA/ Anita Permata Dewi]

Berikut penjelasan tentang harta kekayaan Listyo Sigit Prabowo, calon Kapolri pilihan Jokowi.

Suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menunjuk seorang nama jenderal sebagai calon Kapolri. Ia adalah Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Selain profilnya, harta kekayaan Listyo Sigit Prabowo juga membuat banyak publik penasaran. Simak penjelasannya berikut ini

Untuk diketahui, Listyo Sigit Prabowo merupakan seorang Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim). Listyo Sigit Prabowo disebut sebagai calon tunggal Kapolri sebagai pengganti Idham Azis yang telah memasuki masa pensiun pada tanggal 1 Februari 2021 mendatang.

Selain nama Listyo Sigit Prabowo terdapat nama lain dalam daftar jenderal bintang tiga yang menjadi kandidat Kapolri pengganti Idham Azis yakni, Komjen Gatot Eddy Pramono, Komjen Boy Rafli Amar, Komjen Arief Sulistyanto, dan Komjen Agus Andrianto.

Harta Kekayaan Listyo Sigit Prabowo

Baca Juga: Tok! Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri

Berdasarkan data LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), Listyo Sigit Prabowo diketahui memiliki harta kekayaan total mencapai Rp 8,31 miliar. Harta kekayaan Listyo Sigit Prabowo itu terdiri dari tanah dan bangunan di beberapa kota besar.

Listyo Sigit Prabowo memiliki tanah dan bangunan di kota Semarang, kota Tangerang dan Jakarta Timur senilai Rp 6,16 miliar. Selain itu, calon tunggal Kapolri pilihan Jokowi ini mempunyai mobil Toyota Fortuner generasi kedua dengan senilai Rp 320 juta.

Ia juga memiliki harga bergerak lainnya sebesar Rp 975 juta, kas dan setara kas sebesar Rp 869,7 juta. 

Listyo Sigit Prabowo merupakan mantan ajudan Presiden Joko Widodo yang lahir di Ambon, Maluku, 5 Mei 1969. Ia merupakan alumni Akademi Kepolisian Angkatan 1991. Listyo melanjutkan pendidikan magisternya di Universitas Indonesia.

Sebelum menjadi Kabarskrim, Listyo pernah menjabat di anggota Polres Tangerang saat berpangkat Letnan Dua (Letda). Ia kemudian menjadi Kepala Pusat Komando Pengendalian Operasi (Kapuskosdalops) di Polres Tangerang.

Baca Juga: Diutus Jokowi, Mensesneg Antar Supres Calon Kapolri ke DPR Siang Ini

Saat Presiden Joko Widodo masih menjabat sebagai walikota Solo, Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolres Sukoharjo dan juga Wakapolres kota Semarang. Pada tahun 2012, Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Asubdit II Dit Tipdum Bareskrim Polri dan pada 2013 ia bertugas di Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara.

Komentar