facebook

Kisah Nabi Adam: Buah Khuldi, Padang Arafah hingga Meninggal Dunia

Rifan Aditya
Kisah Nabi Adam: Buah Khuldi, Padang Arafah hingga Meninggal Dunia
Ilustrasi Kisah Nabi Adam - MECCA, SAUDI ARABIA - FEB 3: Umat Muslim berada di Gunung Arafat atau Jabal Rahmah, Arab Saudi. Di tempat ini Adam dan Hawa bertemu setelah turun dari surga. [shutterstock]

Berikut ini adalah kisah Nabi Adam mulai dari Allah menciptakan manusia, Nabi Adam diturunkan ke bumi hingga bagaimana beliau meninggal dunia.

Suara.com - Pasti Anda sudah tak asing dengan kisah Adam dan Hawa? Ya, Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang diturunkan Allah ke Bumi. Nabi Adam AS diutus oleh Allah untuk menjadi khalifah atau pemimpin umat di Bumi.

Dalam kisah Nabi Adam AS, ada banyak hikmah dan pembelajaran yang bisa  diambil. Berikut ini kisah Nabi Adam AS selengkapnya.

1. Allah Menciptakan Manusia 

Dalam surat Al Baqarah ayat 30 Allah SWT memberitahukan kepada malaikat bahwa Ia akan menciptakan manusia dari tanah di Bumi yang nantinya akan menjadi khilafat di Bumi. 

Baca Juga: Kisah Nabi Muhammad, Lahir Sebagai Anak Yatim hingga Wafat di Usia 63 Tahun

Allah lantas memerintahkan para malaikat untuk mengambil tanah di Bumi. Selanjutnya, Allah menciptakan manusia sebagai makhluk paling sempurna dengan akal, anggota tubuh lengkap, dan jiwa. Allah juga melengkapinya dengan meniupkan ruh Nabi Adam AS. 

Selain itu, Allah juga memberikan ilmu pengetahuan kepada Nabi Adam AS. Para malaikat pun bersujud sebagai penghormatan kepada Adam. Saat semua malaikat bersujud, makhluk serupa iblis dari bangsa jin menolak untuk bersujud. Iblis merasa dirinya lebih baik dari manusia karena diciptakan dari api. Mendengar hal itu, Allah murka dan mengusir pada Iblis dari surga. 

2. Nabi Adam dan Buah Khuldi

Nabi Adam AS tinggal di hidup di surga selama beberapa waktu. Hingga suatu ketika Nabi Adam AS merasa kesepian, Allah SWT lantas menciptakan Hawa untuk menemani Adam. 

Adam akhirnya menikah dengan Hawa dan tinggal di surga dengan syarat tidak boleh mendekat apalagi memakan buah khuldi. Selama bertahun-tahun tinggal di surga, Adam dan Hawa berhasil mematuhi aturan tersebut hingga akhirnya terbujuk rayuan iblis. 

Baca Juga: 10 Kisah Sahabat Nabi yang Dijamin Masuk Surga

Nabi Adam AS lantas memetik buah tersebut dan memakannya bersama Hawa. Namun, tiba-tiba aurat mereka terbuka dan penyesalan pun dirasakan oleh keduanya. 

Komentar