alexametrics

550 Ribu Guru dan Tenaga Pendidik Sudah Divaksin, Nadiem: Itu Kabar Gembira

Agung Sandy Lesmana | Stephanus Aranditio
550 Ribu Guru dan Tenaga Pendidik Sudah Divaksin, Nadiem: Itu Kabar Gembira
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]

"Data terakhir kemarin saya cek, mungkin sudah bertambah lagi, sudah sekitar 550.000 guru dan tenaga pendidik sudah divaksin dan itu kabar yang gembira lumayan cepat."

Suara.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa hingga saat ini jumlah guru dan tenaga pendidik yang sudah divaksin Covid-19 adalah sebanyak 550 ribu orang, masih jauh dari total sasaran.

Nadiem mengatakan jumlah itu masih akan terus bertambah untuk mengejar target selesai vaksinasi 5 juta guru dan tenaga pendidik demi membuka semua sekolah pada Juli 2021 mendatang.

"Data terakhir kemarin saya cek, mungkin sudah bertambah lagi, sudah sekitar 550.000 guru dan tenaga pendidik sudah divaksin dan itu kabar yang gembira lumayan cepat," kata Nadiem dalam diskusi KPCPEN, Kamis (1/4/2021).

Oleh sebab itu, Nadiem meminta seluruh Dinas Kesehatan di tiap daerah untuk memprioritaskan guru dan tenaga pendidik sebagai pelayan publik dalam program vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem: Sekolah Tak Boleh Paksa Murid Belajar Tatap Muka

"Dinas kesehatan di masing-masing diharap mengikuti arahan Pak Menkes, bahwa prioritas untuk pejabat publik adalah guru, harapannya pemda itu disiplin prioritaskan guru dan tenaga pendidik di semua vaksinasi dalam segmen pelayan publik," jelasnya.

Diketahui, pemerintah pusat sudah menyerahkan kewenangan pembukaan sekolah kepada pemerintah daerah, satgas daerah, pihak sekolah, dan orang tua sejak Januari 2021 lalu.

Pemerintah menargetkan semua sekolah bisa dibuka pada Juli 2021, setelah 5.058.582 orang total sasaran penerima vaksin dari pendidik (guru, dosen, tenaga pendidik) di seluruh Indonesia sudah divaksin pada akhir Juni 2021.

Komentar