alexametrics

Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Pariaman, Wapres Maruf: Lansia Tak Perlu Takut

Agung Sandy Lesmana | Ria Rizki Nirmala Sari
Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Pariaman, Wapres Maruf: Lansia Tak Perlu Takut
Wapres Maruf Amin saat meninjau lokasi vaksinasi Covid-19 di Pariaman. (Tangkapan layar dari video KIP Setwapres)

"Oleh karena itu pertama saya mengharap masyarakat termasuk yang lansia tidak perlu takut tidak perlu ragu untuk divaksin karena misalnya ada ketakutan kalau terjadi apa-apa,"

Suara.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau proses vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di Puskesmas Kuraitaji, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat, Selasa (6/4/2021). Dalam kesempatan tersebut, Ma'ruf meminta agar warga lanjut usia (lansia) untuk tidak takut divaksin. 

Usai peninjauan, Ma'ruf mengatakan kalau seluruh rangkaian kegiatan vaksinasi berjalan dengan baik mulai dari proses pendaftaran, verifikasi, vaksinasi hingga pasca vaksinasi. Baiknya proses vaksinasi tersebut membuat Ma'ruf meminta kepada lansia untuk mau divaksin. 

"Oleh karena itu pertama saya mengharap masyarakat termasuk yang lansia tidak perlu,takut, tidak perlu ragu untuk divaksin karena misalnya ada ketakutan kalau terjadi apa-apa," kata Ma'ruf. 

"Ini dari pengalaman-pengalaman termasuk istri (saya) tidak ada masalah," sambungnya. 

Baca Juga: Gejala Virus Corona, Vaksin Covid-19 & Alergi Mirip, Ini Cara Cari Bedanya

Kemudian, Ma'ruf menekankan agar proses vaksinasi dipercepat karena harus memenuhi target kekebalan komunitas atau herd immunity hingga 70 persen. Karena itu, divaksin menjadi kewajiban bagi masyarakat. 

"Makanya para ulama menyatakan bahwa divaksin itu wajib, hukumnya fardu kifayah, karena apa? Karena kalau tidak vaksin tidak tercapai 70 persen tidak tercapai juga herd immunity itu, kekebalan komunal itu," tuturnya. 

Menurut ulama, dikatakan Ma'ruf, menghilangkan penyakit itu wajib hukumnya. Oleh sebab itu, ia berpesan kepada seluruh pihak untuk mensosialisasi soal kewajiban vaksin. 

"Karena itu kita harus mensosialisasi tentang kewajiban bervaksin dalam rangka menjaga diri dan orang lain, ini hal yang barangkali perlu terus disosialisasi."

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Tiba di Ranah Minang, Ini Agendanya

Komentar