alexametrics

KM Hasil Jaya Terbakar, 13 ABK Berhasil Dievakuasi

Bangun Santoso | Ria Rizki Nirmala Sari
KM Hasil Jaya Terbakar, 13 ABK Berhasil Dievakuasi
ILUSTRASI Kapal terbakar. (ANTARA/HO)

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson H. Etwiory mengatakan kejadian itu diduga terjadi dari cerobong kapal yang menyeburkan api

Suara.com - KM Hasil Jaya terbakar di Perairan Asahan, Sumatera Utara pada Rabu (7/4/2021) sore. Sebanyak 13 anak buah kapal (ABK) dan nakhoda berhasil menyelamatkan diri dan dievakusi.

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson H. Etwiory mengatakan kejadian itu diduga terjadi dari cerobong kapal yang menyeburkan api. Api kemudian menyambar tangki bahan bakar yang letaknya berdekatan di dalam kamar mesin.

Melihat adanya kejadian tersebut, unsur kapal patroli dari Lanal Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA) segera berkoordinasi dengan kapal nelayan yang berdekatan untuk melakukan penyelamatan.

"ABK KM Hasil Jaya menyelamatkan diri dengan menceburkan diri kelaut, dan ditolong oleh sesama nelayan sebelum dievakuasi oleh SAR Lanal Tanjung Balai Asahan," kata Robinson dalam keterangannya, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: Kronologi Kapal Kargo Terbakar di Mempawah, Asap Mengepul dari Anjungan

Enam ABK langsung dievakuasi ke Posal Bagan Asahan dan tujuh lainnya dievakuasi menggunakan kapal nelayan KM Bahari Perkasa.

Robinson menuturkan kalau penyelamatan tersebut tidak terlepas dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono agar memanfaatkan segala potensi yang dimiliki baik personel maupun alutsista dalam upaya-upaya kemanusiaan seperti kegiatan SAR dan bantuan bencana lainnya.

Sebagai informasi, peristiwa kapal terbakar itu menelan kerugian diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar.

Komentar