alexametrics

Live Streaming Sidang Isbat 1 Ramadhan 1442 H/2021, Sore Ini

Rifan Aditya
Live Streaming Sidang Isbat 1 Ramadhan 1442 H/2021, Sore Ini
Live Streaming Sidang Isbat 1 Ramadhan 1442 H (Twitter @Kemenag_RI)

Berikut link live streaming sidang isbat 1 Ramadhan 1442 H untuk mengetahui kapan puasa Ramadhan 2021 akan dimulai.

Suara.com - Melalui akun Twitter resmi @kemenag_RI, juga telah  disampaikan bahwa sidang Isbat (penetapan) awal Ramadhan 1442 H akan digelar pada hari Senin (12/4/2021). Untuk menyaksikannya, berikut link live streaming sidang isbat 1 Ramadhan 1442 H.

Umat Muslim akan mengetahui kapan puasa Ramadhan 1442 Hijriah akan dimulai setelah adanya penetapan oleh pemerintah melalui sidang isbat. Sidang isbat 1 Ramadhan 1442 Hijriah akan digelar oleh Kementerian Agama, sore hari ini, Senin (12/4/2021). Kepastian mengenai pelaksanaan sidang isbat pada hari Senin disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Kamaruddin.

Pengumuman Hasil Sidang Isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI (TV Pool), RRI, serta website dan youtube Kemenag. Karena masih dalam suasana pandemi, maka pihak Kemenag memfasilitasi TV Pool untuk peliputan media. 

Kemudian, Direktur Urusan Agama Islam Agus Salim juga menyebutkan, bahwa sidang isbat akan digelar dalam tiga tahapan, dimulai pada pukul 16.45 WIB. Berikut ini adalah tiga tahapan pelaksanaan sidang isbat 1 Ramadhan 1442 H:

Baca Juga: Penetapan Hari Ini, Jadwal Puasa Ramadan 2021 Tunggu Sidang Isbat

  • Pada pukul 16.45 WIB, akan dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag. Sesi ini akan disiarkan secara langsung melalui tayangan televisi.
  • Yang kedua, setelah shalat Maghrib, akan digelar sidang isbat awal Ramadhan. Tahap ini akan digelar secara tertutup.
  • Dan yang ketiga, akan digelar konferensi pers penyampaian hasil sidang isbat oleh Menteri Agama. Penyampaian keputusan ini akan disiarkan oleh TVRI dan media sosial Kemenag.

Pelaksanaan sidang isbat di antaranya akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama, Dubes negara sahabat, perwakilan ormas, LAPAN, BMKG, dan juga undangan lainnya. Selain itu juga akan hadir perwakilan ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, Persis, dan juga Al Washliyah. Kemenag menyebutkan, bahwa  pemantau hilal akan diturunkan di 86 lokasi dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Link Live Streaming Sidang Isbat 1 Ramadhan 1442 H

Berikut ini link live streaming Sidang Isbat 1 Ramadhan tahun ini yang digelar oleh Kementerian Agama, pada Senin (12/4/2021).

Dalam siaran persnya, Sidang Isbat akan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kemenag Jakarta. Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan bahwa Sidang Isbat akan digelar secara daring dan luring karena masih pandemi Covid-19.

Berikut ini link live streaming Sidang Isbat awal Ramadhan 1442 H:

Baca Juga: Apa Itu Hilal yang Jadi Tanda 1 Ramadhan 1442 H Telah Tiba?

LINK 1 https://www.youtube.com/c/KementerianAgamaPusat/videos 
LINK 2 http://tvri.go.id/live
LINK 3 https://www.vidio.com/live/6441-tvri 
LINK 4 https://www.useetv.com/livetv/tvri 

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar