alexametrics

Inisial M yang Bakal Direshuffle Jokowi Rajin Pamer Kinerja

Iwan Supriyatna | Bagaskara Isdiansyah
Inisial M yang Bakal Direshuffle Jokowi Rajin Pamer Kinerja
Kabinet Indonesia Maju.

Inisial M dalam kabinet yang kemungkinan bakal direshuffle Presiden Joko Widodo.

Suara.com - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengomentari inisial M dalam kabinet yang kemungkinan bakal direshuffle Presiden Joko Widodo.

Adi mengatakan, setidaknya ada empat orang berinisial M dalam kabinet Jokowi yakni Menko PMK Muhadjir Effendi, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

Orang berinisial M dalam kabinet yang bakal direshuffle Jokowi akhir-akhir ini disebut gemar berkampanye di media cari dukungan seolah penuh prestasi. Adi mengatakan, jika mengacu hal itu maka sangat mudah terbaca siapa yang bakal direshuffle.

Adi kemudian menyebut dua nama berinisial M dalam kabinet Jokowi yakni Mendag Muhammad Lutfi dan KSP Moeldoko.

Baca Juga: Isu Reshuffle, Raffi Ahmad Dijagokan Jadi Menteri Baru Kabinet Jokowi

"Kalau itu yang terjadi maka sudah bisa ditebak. Siapa kah gerangan. Ada dua kemungkinan, satu Mendag dan Kepala KSP," kata Adi saat dihubungi Suara.com, Sabtu (17/4/2021).

Adi menilai dua orang tersebut memang akhir-akhir ini kerap muncul di media. Muhammad Lutfi bicara soal impor beras, kemudian Moeldoko muncul karena isu kudeta partai.

"Tapi yang paling banyak memantik perhatian orang yang M satunya lagi itu masalah konflik partai," ungkapnya.

Lebih lanjut, Adi menyampaikan, jika bocoran dari Politisi PKB tersebut benar adanya maka dengan mudah bisa ditebak. Namun sebaliknya, jika hal itu salah maka perlu dipertanyakan.

"Tapi kalau M ini tidak ada di reshuflle berarti kredibilitas politisi PKB itu layak dipertanyakan. Karena dia menyampaikan isu yang tidak sesuai dengan fakta gitu aja," tandasnya.

Baca Juga: Santer Isu Reshuffle, PAN Tinggal Tunggu Waktu Merapat ke Jokowi

Inisial M

Teka-teki soal perombakan atau reshuffle kabinet Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Maruf Amin terus bergulir.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Luqman Hakim membocorkan nama menteri yang bakal dicopot Jokowi berinisial M.

"Presiden Jokowi akan me-reshuffle anggota kabinet yang dengan inisial huruf M," ujar Luqman saat dikonfirmasi Suara.com, Kamis (15/4/2021).

Meski demikian, Luqman tidak menjelaskan siapa pemilik inisial M yang berpeluang besar digeser Jokowi. Dalam Kabinet Indonesia Kerja, terdapat sejumlah menteri yang namanya diawali dengan huruf M.

Misal, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, dan Menteri Perdagangan M Lutfi. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pun bisa masuk ke dalam daftar menteri yang dicopot versi bocoran Luqman.

Dalam kesempatan lain, Luqman sempat menyinggung soal menteri yang tiba-tiba mendadak rajin setelah munculnya isu reshuffle. Kata dia, menteri itu selaku tampil di media untuk mendapatkan citra penuh prestasi.

"Sejak isu reshuffle berhembus, ada menteri yang sibuk 'kampanye" di media dan cari dukungan seolah penuh prestasi," katanya.

Komentar