facebook

Niat Puasa Syawal dan Hukumnya

Fitri Asta Pramesti
Niat Puasa Syawal dan Hukumnya
Niat puasa Syawal - Ilustrasi puasa (Pixabay/surgull01)

Berikut bacaan niat puasa Syawal dan hukumnya.

Suara.com - Puasa Syawal merupakan ibadah puasa yang dilakukan pada bulan Syawal. Ibadah puasa ini dilaksanakan selama enam hari. Berikut bacaan niat puasa Syawal dan hukumnya. 

Umat Muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa Syawal karena memiliki beberapa keutamaan salah satunya bagai berpuasa selama satu tahun, sebagaimana yang tercantum dalam sebuah hadist, di mana Rasulullah saw. bersabda:

“Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama enam hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun." (HR. Muslim)

Selain mendapatkan pahala sebagaimana orang berpuasa selama setahun, manfaat lainnya adalah sebagai jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Setiap muslim yang mengerjakan puasa syawal selama enam hari akan mendapatkan tempat mulia di sisi Allah SWT.

Baca Juga: Doa Minta Jodoh, Makbul Dibaca Setiap Hari

Hukum Puasa Syawal

ilustrasi puasa (Shutterstock)
ilustrasi puasa (Shutterstock)

Hukum menjalankan puasa Syawal adalah sunnah bagi umat Muslim yang tidak memiliki tanggungan puasa wajib, baik itu qadha puasa Ramadaan atau puasa nazar.

Sementara yang memiliki utang selama bulan Ramadhan karena uzur, maka status hukum menjadi makruh. Maka, baiknya, selesaikan bayar utang puasa Ramadhan terlebih dulu sebelum melaksanakan puasa Syawal.

Bacaan Niat Puasa Syawal

Nawaitu shauma ghadin'an ada'i sunnatis Syawwali lillahi ta'ala.

Baca Juga: Doa Mujarab untuk Suami Selingkuh

Artinya:

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar