alexametrics

Doa Malam Lailatul Qadar: Bacaan Latin dan Artinya

Rifan Aditya
Doa Malam Lailatul Qadar: Bacaan Latin dan Artinya
Doa malam lailatul qadar - Ilustrasi berdoa (Unsplash)

Berikut ini doa malam lailatul qadar lengkap dengan bacaan latin dan artinya.

Suara.com - Malam Lailatul Qadar merupakan malam istimewa yang ditunggu setiap umat muslim ketika bulan Ramadhan. Agar ibadah bulan puasa kalian semakin sempurna jangan lupa membaca doa malam lailatul qadar.

Lailatul Qadar terjadi pada malam ganjil pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Carilah di sepuluh hari terakhir, jika tidak mampu maka jangan sampai terluput tujuh hari sisanya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Meski begitu, waktu pasti datangnya malam Lailatul Qadar tidak dapat diketahui oleh siapapun. Allah SWT telah merahasikan waktu datangnya malam malam Lailatul Qadar agar umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan.

Umat muslim dapat mengetahui tanda-tanda kedatangan malam Lailatul Qadar seperti yang telah diriwayatkan Ibnu Abbas, "Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda tentang (tanda-tanda) Lailatul Qadar (yaitu) malam yang mudah, indah, tidak (berhawa) panas atau dingin, matahari terbit (pada pagi harinya) dengan cahaya kemerahan (tidak terik).” (H.R. Bukhari).

Baca Juga: Melihat Tradisi Lampu Colok di Siak, Sederhana tapi Tetap Bermakna

Bacaan Latin Doa Malam Lailatul Qadar dan Artinya

Umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada malam Lailatul Qadar ini. Salah satu ibadah yang bisa dilakukan adalah dengan berdoa. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Malam Lailatul Qadar merupakan waktu yang mustajab bagi siapapun yang berdoa agar segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW selalu memperbanyak doa malam Lailatul Qadar. Diriwayatkan dari Aisyah yang pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW apa yang harus dikatakan dalam melakukan doa jika bertemu dengan malam Lailatul Qadar. Beliau kemudian menjawabnya dengan doa malam Lailatul Qadar sebagai berikut.

“Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwan fa'fu 'anni”

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Kota Bandung Minggu 9 Mei 2021

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau suka memberi maaf, maka maafkan aku.". (HR. at-Tirmidzi).

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar