alexametrics

DPR Minta Pemerintah Aktif Protes Israel Atas Kekerasan di Palestina

Bangun Santoso | Novian Ardiansyah
DPR Minta Pemerintah Aktif Protes Israel Atas Kekerasan di Palestina
Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani. (Dok : DPR)

Tindak kekerasan Israel dinilai berdampak terhadap meningkatnya instabilitas di Timur Tengah

Suara.com - Ketua DPR Puan Maharani mengecam serangan Israel kepada Palestina di jalur Gaza. Menurutnya tindakan Israel tidak hanya mengakibatkan kekerasan terhadap warga sipil di Palestina.

Selain itu, tindak kekerasan Israel berdampak terhadap meningkatnya instabilitas di Timur Tengah.

"Sangat disayangkan, di saat dunia memerlukan perdamaian dan bersatu untuk berperang melawan virus Covid-19, namun warga Palestina harus berjuang melawan aneksasi Israel," kata Puan dalam keterangannya, Minggu (16/5/2021).

Puan mengatakan, serangan Israel terhadap Palestina harus menjadi momentum untuk memulai kembali proses perdamaian yang komprehensif dan inklusif sebagaimana dengan hukum internasional, resolusi PBB, dan parameter serta konsensus internasional.

Baca Juga: Israel Makin Brutal, Fadli Zon Desak Agenda Kemerdekaan Palestina

Karena itu, Puan meminta pemerintah Indonesia untuk terus melanjutkan peran aktif dalam menghentikan serangan Israel dan memberi bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina.

"Mendesak masyarakat internasional dan PBB untuk meredakan ketegangan dan membantu warga Palestina yang menjadi korban di wilayah pendudukan Palestina," kata Puan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mendesak pemerintah untuk melancarkan protes keras dan berperan aktif menyuarakan kedamaian atas nama negara di dunia internasional. Menurutnya tragedi kemanusiaan di Palestina harus segera diakhiri.

"Konstitusi kita jelas mengatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala Bangsa. Dan tujuan Indonesia merdeka juga salah satunya, melindungi segenap tumpah darah, menjaga ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Amanat konstitusi kita harus disuarakan dengan lantang di tingkat internasional," ujar Dasco.

Baca Juga: Fakta di Balik Konflik Israel dan Palestina

Komentar