alexametrics

Sejumlah 10 Pemudik yang Kembali ke Jakarta Positif Covid-19

Chandra Iswinarno | Yaumal Asri Adi Hutasuhut
Sejumlah 10 Pemudik yang Kembali ke Jakarta Positif Covid-19
Ilustrasi pemudik dicegat di Pos Penyekatan Mudik Sumber Artha, Kalimalang, Bekasi. [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh]

Sejumlah 10 pemudik yang akan kembali ke Jakarta diketahui positif Covid-19. Laporan tersebut didapatPolda Metro Jaya yang dihimpun dari sejumlah posko penyekatan.

Suara.com - Sejumlah 10 pemudik yang akan kembali ke Jakarta diketahui positif Covid-19. Laporan tersebut didapat Polda Metro Jaya yang dihimpun dari sejumlah posko penyekatan larangan mudik lebaran. 

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan, kekinian, 10 orang itu telah di bawah ke Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19  Wisma Atlet, Kemayoran. 

"Ada 10 yang positif. Semuanya telah dibawa ke Rumah Sakit  Wisma Atlet," kata Fadil di Jakarta,  Senin (17/5/2021). 

Adapun 10 orang yang terpapar Covid-19 ditemukan di Pos Kedungwaringin dan Pos KM 34 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Baca Juga: 72 Pemudik Reaktif COVID-19 di Pos Penyekatan se-Indonesia

Sampai saat ini, hingga 17 Mei, pos pengamanan arus lalulintas mudik lebaran  Polda Metro Jaya, telah memeriksa sebanyak 3.325 kendaraan di Kedungwaringin, dan 2.458 kendaraan  diperiksa Pospam KM34. 

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, sebelumnya menegaskan, kepada warga yang hendak kembali ke Jakarta usai melakukan mudik lebaran diwajibkan menyertakan surat bebas Covid-19. Jika tidak, mereka diminta menjalani isolasi mandiri dan melaksanakan swab antigen yang telah disediakan. 

"Jika anda tidak bisa menunjukkan surat keterangan bebas Covid, mereka akan memaksa anda untuk melakukan isolasi mandiri dan dilakukan swab antigen gratis," kata Fadil dalam video yang diunggah akun Twitter @TMCPoldaMetro pada Senin (17/5/2021). 

Fadil memastikan seluruh warga dari luar daerah yang hendak kembali ke Jakarta tidak akan lolos dari pemeriksaan di pos-pos penyekatan dan cek poin. Terlebih, kata dia, dalam pemeriksaan ini pihaknya juga turut melibatkan basis komunitas seperti Babinsa, Babinkantibmas, RW hingga RT. 

"Kepada masyarakat yang akan kembali ke Jakarta agar melengkapi diri dengan surat keterangan bebas Covid. Kalau anda lolos di pos penyekatan ini, anda tidak mungkin lolos di basis komunitas. Karena seluruh RT, RW, Babinsa, Babinkantibmas itu akan datang," katanya. 

Baca Juga: Tegang dan Panik Diperiksa di Pos Penyekatan, Pria Lumajang Sampai Pingsan

1,2 Juta Warga Jakarta Nekat Mudik 

Komentar