facebook

Mengapa Amerika Serikat Dijuluki Negara Paman Sam?

Rifan Aditya
Mengapa Amerika Serikat Dijuluki Negara Paman Sam?
Mengapa Amerika Serikat dijuluki negara Paman Sam - Amerika Serikat [Shutterstock]

Berikut ini penjelasan mengapa Amerika Serikat dijuluki negara Paman Sam.

Suara.com - Istilah “Uncle Sam” atau “Paman Sam” yang merujuk pada Amerika Serikat sedang ramai dibahas setelah Rangga Sasana atau Lord Rangga yang baru saja keluar tahanan karena kasus Sunda Empire membuat pernyataan kontroversial. Terlepas dari hal itu mengapa Amerika Serikat dijuluki negara Paman Sam

Istilah “Uncle Sam” atau “Paman Sam” dalam bahasa Indonesia ini seringkali melekat dengan negara adidaya, Amerika Serikat. Bagi siapapun orang pasti mengerti terhadap istilah negara ini namun tidak mengerti asal mulanya. Berikut ini penjelasan mengapa Amerika Serikat dijuluki negara Paman Sam.

Julukan Paman Sam

Pada tanggal 7 September 1813, Amerika Serikat mendapatkan julukan yang terkenal hingga saat ini yang bernama Uncle Sam atau Paman Sam.

Baca Juga: US Itu Singkatan Dari Uncle SAM, Lord Rangga: SAM-nya Sultan Abdul Mufakir

Paman Sam adalah sebuah istilah yang diciptakan oleh Amerika Serikat pada masa perang di tahun 1812. Nama Paman Sam ini merujuk kepada seorang penyuplai daging pada masa perang tersebut yang bernama Samuel Wilson.

Siapa Samuel Wilson?

Paman Sam atau Uncle Sam - Samuel Wilson (Wikimedia Commons)
Paman Sam atau Uncle Sam - Samuel Wilson (Wikimedia Commons)

Samuel Wilson lahir di Massachusettts, Amerika Serikat pada tanggal 13 September 1766 silam. Pada usia ke-14 tahun, Samuel Wilson mendaftarkan diri menjadi seorang tentara namun pada saat dewasa ia lebih memilih berprofesi sebagai pengusaha penyuplai daging kemasan.

Karena kecintaannya terhadap dunia militer, Samuel Wilson tetap ingin berbakti kepada negara dengan membantu tentara Amerika Serikat pada saat perang. Saat itu, Samuel Wilson membekali para tentara dengan daging kemasan yang dimasukkan ke dalam tong kayu. Tong kayu tersebut diberi cap dengan tulisan “US” yang menunjukkan kata “United States”.

Namun para tentara dengan candaannya, menyebut “US” sebagai “Uncle Sam” atau “Paman Sam” yang mengacu kepada Samuel Wilson sebagai penyuplai daging kepada para tentara Amerika Serikat. Hal itu membuat koran lokal Amerika Serikat mengangkat cerita itu dan akhirnya Paman Sam dikenal dan diterima secara luas.

Baca Juga: Rangga Sebut Amerika Dimerdekakan Banten, Warganet Terhibur

Hingga pada tahun 1854, Samuel Wilson meninggal dunia dan ia dimakamkan disamping istrinya, Bestsey Mann di Pemakaman Oakwood di Troy, New York. Makan Samuel Wilson dijuluki sebagai “Rumah Paman Sam”.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar