alexametrics

Viral Foto Pesepeda Diacungkan Jari Tengah, Pemprov DKI: Harusnya Pakai Jalur Kiri

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Viral Foto Pesepeda Diacungkan Jari Tengah, Pemprov DKI: Harusnya Pakai Jalur Kiri
Pemotor acungkan jari tengah pada puluhan pesepeda [Terkini.id]

Pesepeda yang berada di jalur lalu lintas bersama-sama dengan kendaraan motor lainnya, tentu wajib mengambil jalur paling kiri, jelasnya.

Suara.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo angkat bicara soal foto viral rombongan pesepeda di kawasan jalan Sudirman-Thamrin yang diacungi jari tengah oleh seorang pengendara motor. Syafrin membela pemotor itu.

Menurut Syafrin, para pesepeda itu sejatinya sudah melanggar aturan lalu lintas. Ketentuan pemakaian jalur ini tercantum dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Ada namanya prioritas pengguna jalan, tentu bagi para pesepeda yang kecepatannya berada di bawah kendaraan bermotor itu wajib menggunakan jalur paling kiri,” ujar Syafrim saat dikonfirmasi, Senin (31/5/2021).

Menurut Syafrin, sepeda jenis apapun seharusnya tidak boleh sampai memakan bagian tengah jalan raya. Mereka boleh mengayuh sepedanya di bagian paling kiri jalan demi keselamatan.

Baca Juga: Viral Kisah Wanita Kenalan Lewat Aplikasi Kencan: Bertemu dan Langsung Ditinggal

“Pesepeda yang berada di jalur lalu lintas bersama-sama dengan kendaraan motor lainnya, tentu wajib mengambil jalur paling kiri,” jelasnya.

Kendati demikian, meski menganggap para pesepeda ini melanggar, pihaknya tak bisa menjatuhi sanksi. Ia menyerahkan sepenuhnya masalah ini kepada kepolisian.

“Sesuai dengan ketentuan, sanksi sepenuhnya menjadi kewenangan rekan-rekan kepolisian,” kata Syafrin.

Pihaknya hanya berperan memberikan imbauan dan sosialisasi agar masyarakat menaati aturan itu. Selain itu ia juga mengaku tengah berupaya untuk mengakomodir para pesepeda.

“Kami dari Pemprov DKI terus melakukan sosialisasi, melakukan edukasi, sehingga prinsip ketertiban dalam berlalu lintas itu dipatuhi oleh masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga: Geger! Wisatawan Ditodong Ongkos Parkir Mobil Rp 20 Ribu di Nol Kilometer Yogyakarta

Sebelumnya, aksi pemotor berplat nomor AA mencuri perhatian publik. Pemotor itu mengacungkan jari tengah ke arah rombongan pesepeda yang memenuhi jalanan ibu kota Jakarta.

Komentar