alexametrics

Bulan Dzulqaidah: Amalan dan Keistimewaan

Rifan Aditya
Bulan Dzulqaidah: Amalan dan Keistimewaan
Bulan Dzulqaidah: Amalan dan Keistimewaan - Ilustrasi bulan Dzulqaidah - Jamaah haji dari berbagai penjuru dunia berkumpul di bukit Arafah, Arab Saudi, untuk melaksanakan puncak ibadah haji wukuf. (AFP)

Berikut amalan dan keistimewaan bulan Dzulqaidah yang perlu diketahui.

Suara.com - Dalam perhitungan kalender bulan Zulqaidah bertepatan dengan tanggal 22 Juni 2021. Sebagai salah satu bulan mulia, ada sejumlah amalan dan keistimewaan bulan Dzulqaidah yang perlu diketahui. 

Diketahui, dalam 12 bulan ada empat bulan yang dimuliakan dan diagungkan oleh Allah SWT atau dikenal juga dengan nama Asyhurul hurum.

Dinamakan Dzulqa'dah karena pada bulan tersebut orang-orang Arab tengah duduk dan beristirahat dari perang untuk sambut bulan haji atau bulan qurban yakni bulan Dzulhijjah. 

Ada beberapa amalan dan keutaman bulan Dulqaidah yang perlu diketahui umat muslim. Berikut amalan dan keistimewaannya.

Baca Juga: Polemik Ibadah Haji 2021, HNW Puji Lobi Berkelas Menag Malaysia

Amalan bulan Dulqaidah

  1. Perbanyak Amalan Ibadah
    Amalan ibadah yang dianjurkan dijalankan di bulan Dzulqaidah yaitu dengan memperbanyak amalan ibadah, seperti puasa sunah, bershalawat, membaca alquran, dan lain sebagainya.
  2. Memperbanyak salat sunah
    Amalan ibadah yang juga dianjurkan untuk dikerjakan di bulan Dzulqaidah yaitu dengan memperbanyak shalat sunah, seperti shalat malam, shalat dhuha, shalat taubat, shalat tahadud, dan sebagainya.
  3. Memperbanyak zikir
    Dianjurkan untuk memperbanyak dzikir (mengingat Allah SWT) di bulan Dzulqaidah. Dengan berdzikir melindungi diri dari berbagai hal yang tidak disukai Allah SWT.
  4. Ibadah Umrah
    Pada bulan Dzulqaidah ini umat muslim yang mampu dianjurkan untuk melakukan ibadah umrah. Namun, karena ini sedang pandemi, amalan ibadah umrah bisa diganti dengan perbanyak membaca Alquran.
  5. Berperilaku baik
    Di bulan Dzulqaidah ini dianjurkan untuk memperbanyak alaman baik, seperti berprilaku baik ke orang lain, menolong orang lain, bersedekah, menyantuni anak yatim, mematuhi orang tua, dan lainnya.

Keistimewaan Bulan Dzulqaidah

1. Pahala Dilipatgandakan

Keistimewaan bulan Dzulqa’dah yakni bulan dilipatgandakan amalan-amalan, sebab bulan Dzulqa’dah merupakan bulan haram yang dimuliakan dan diagungkan. Jadi,  usahakan untuk menahan diri dari berbagai hal yang dimurkai Allah SWT.

2. Bulan Haji

Baca Juga: Dubes Arab Saudi Sambangi Kantor MUI, Tanggapi Isu Santer Soal Ibadah Haji

Keistimewaan bulan Dzulqaidah berikutnya yakni disebut sebagai Asyhrul Hajj (bulan-bulan haji). Dalam bulan tersebut, umat muslim sah menjalankan ihram dalam menunaikan ibadah haji

Komentar