alexametrics

10 Tanda Kiamat Harus Dipercaya Umat Muslim, Matahari Terbit dari Utara Termasuk?

Rifan Aditya
10 Tanda Kiamat Harus Dipercaya Umat Muslim, Matahari Terbit dari Utara Termasuk?
10 Tanda Kiamat Harus Dipercaya Umat Muslim, Matahari Terbit dari Utara Termasuk? - Ilustrasi matahari terbit (Antara/Adiwinata)

Apa saja tanda hari kiamat itu? Apakah matahari terbit dari utara termasuk didalamnya?

Suara.com - Baru-baru ini masyarakat heboh karena melihat matahari terbit dari utara hingga dianggap tanda kiamat. Iman kepada hari akhir atau hari kiamat merupakan rukun iman keenam yang wajib diyakini oleh umat muslim. Lalu apa saja tanda hari kiamat itu? Apakah matahari terbit dari utara termasuk didalamnya?

Hari kiamat adalah hari di mana seluruh makhluk di muka bumi ini akan binasa. Alam semesta dan seisinya juga akan rusak. Kendati pengertiannya sudah jelas, Allah SWT merahasiakan kapan hari kiamat itu akan terjadi.

NU Online menyebutkan tanda-tanda kiamat sebenarnya sudah ada sejak dulu meskipun kita tidak tahu kapan hari kiamat akan terjadi. Manusia bisa tetap waspada dengan merasakan tanda-tanda kiamat kecil seperti wafatnya Rasulullah, disia-siakannya amanah, penggembala menjadi kaya, banyak terjadi pembunuhan, tercabutnya ilmu, serta banyaknya fitnah.

Kendati demikian tanda-tanda kiamat itu tidak bisa dijadikan patokan pasti karena sudah sering terjadi pada masa lalu, dan bisa saja terulang di masa kini atau masa depan. Dengan demikian, tanda kiamat kecil tidak bisa dijadikan dasar kapan hari kiamat akan terjadi.

Baca Juga: Hari Ini Matahari Terbit dari Utara Ternyata Benar, 4 Ramalan Kiamat Tapi Gagal

10 Tanda Kiamat Menurut Hadis

Hadis hari kiamat yang sahih diriwayatkan Imam Muslim banyak menjadi rujukan mengenai tanda-tanda kiamat. Dalam hadis tersebut diriwayatkan dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari berkata:

"Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’

Rasulullah menyebut: kabut, Dajjal, binatang (ad-dabbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya'juj dan Ma'juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka."

Merujuk pada hadis tersebut, sepuluh tanda kiamat yang harus diyakini umat muslim adalah:

Baca Juga: Bukan Kiamat, Ini Dampak Matahari Terbit Dari Utara

  1. Munculnya Kabut (Dukhan)
    Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat Ad-Dukhan, mengenai munculnya kabut sebagai tanda akan datangnya hari kiamat. Berikut ini bunyi ayatnya. “Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas”
  2. Munculnya Dajjal
    Rasulullah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim bahwa tidak ada satu pun makhluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya lebih besar dari dajjal.
  3. Munculnya Binatang (Dabbah)
    Dabbah merupakan binatang melata yang sangat buas. Dalam Islam dabbah diyakini sebagai tanda kiamat.
  4. Matahari Terbit dari Barat
    Rasulullah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan Ibnu Majah, dari Abdullah bin Amr, dia berkata: “Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi.”
  5. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj
    Ya’juj dan Ma’juj merupakan tanda kiamat di mana munculnya kaum yang suka membuat kerusakan di muka bumi.
  6. Munculnya Isa bin Maryam
    Allah SWT berfirman dalam surah An-Nisa ayat 159, yang berbunyi sebagai berikut.
    “Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka.”
  7. Adanya Tiga Gerhana Salah Satunya di Timur
    Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, akan ada tiga gerhana sebagai tanda hari kiamat. Pertama adalah gerhana di tmur, kemudian di barat, dan di Jazirah Arab.
  8. Gerhana di Barat
    Tidak hanya gerhana di barat, Rasulullah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan Ibnu Majah, dari Abdullah bin Amr, dia berkata: “Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata menemui manusia pada waktu Dhuha.”
  9. Gerhana di Jazirah Arab
    Selain gerhana di jazirah Arab, tanda kiamat lainnya adalah hancurnya Kabah. Hal tersebut tercantum juga dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam muslim dan Bukhari, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah saw. Bersabda: “Kabah diruntuhkan oleh Dzu Suwaiqatain dari Habasyah.”
  10. Api Muncul dari Yaman kemudian Menggiring Umat Manusia Menuju Tempat Berkumpul
    Rasulullah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh imam Muslim, bahwa salah satu tanda kiamat yaitu munculnya api. Berikut ini bunyi hadisnya. “Dan yang terakhirnya adalah api yang keluar dari Yaman, menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul.”

Berdasarkan penjelasan di atas maka jelas bahwa fenomena matahari terbit dari utara bukan termasuk tanda kiamat. Sebagai muslim, Anda lebih baik meyakini 10 tanda kiamat berdasarkan hadis tersebut.

Komentar