alexametrics

Bacaan di Antara Takbir Sholat Idul Adha, Wajib Diketahui

Rifan Aditya
Bacaan di Antara Takbir Sholat Idul Adha, Wajib Diketahui
Bacaan di antara takbir sholat Idul Adha - Sejumlah umat Muslim menunaikan ibadah Shalat Idul Adha 1441 H di lingkungan Masjid Al-Azhar, Jakarta, Jumat (31/7/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Masih ada sebagian orang yang bingung dengan bacaan di antara takbir sholat Idul Adha.

Suara.com - Hari Raya Idul Adha 2021/ 1442 H jatuh pada besok, Selasa, 20 Juli 2021. Umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan sholat Idul Adha. Tentunya, jangan lupa untuk membaca bacaan di antara takbir sholat Idul Adha

Apakah kalian tahu bagaimana bacaan di antara takbir sholat Idul Adha? Perlu diketahui bahwa pelaksanaan sholat Idul Adha berbeda dengan sholat wajib lima waktu.

Dalam melaksanakan sholat Idul Adha, kita dianjurkan untuk melakukan takbir sebanyak tujuh kali pada rakaat pertama setelah takbiratul ihram dan doa iftitah serta melakukan takbir sebanyak lima kali pada rakaat kedua. Kemudian di antara takbir tersebut, melafalkan bacaan doa di antara takbir sholat Id Idul Adha.

Masih ada sebagian orang yang bingung dengan bacaan di antara takbir sholat Idul Adha. Sebenarnya antara takbir tersebut, ada anjuran untuk membaca bacaan dzikir. Berikut ini adalah bacaan diantara takbir sholat Idul Adha yang dilansir dari islam.nu.or.id.

Baca Juga: JK: Salat Idul Adha di Rumah Saja karena Darurat, Insya Allah Ibadahnya Diterima

Bacaan di Antara Takbir Sholat Idul Adha

Subhanallah, walhamdulillah, wala ilaha illallah, wallahu akbar, wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil azhîm.”

Artinya: “Maha Suci Allah, segala puji bagi-Nya, tiada tuhan selain Dia, Allah Maha Besar, dan tiada daya serta upaya selain berkat pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

Setelah melaksanaan takbir selama tujuh kali pada rakaat pertama dan takbir selama lima kali pada rakaat kedua kemudian dilanjutkan membaca surat Al Fatihah dan membaca surat pendek AlQuran

Untuk diketahui, pelaksanaan sholat Idul Adha dapat dilaksanakan secara jamaah maupun sendiri. Sholat Idul Adha dianjurkan untuk dilaksanakan di tanah lapang secara berjamaaah sesuai dengan hadits Abu Sa’id Al Khudri:

Baca Juga: Selama Libur Idul Adha, Tetap Patuhi Prokes 3M

“Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar pada hari raya ‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha menuju tanah lapang.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Komentar