alexametrics

Lahan Pemakaman Khusus Covid-19 Penuh, TPU Tegal Alur Hanya Layani Sistem Tumpang

Dwi Bowo Raharjo | Yosea Arga Pramudita
Lahan Pemakaman Khusus Covid-19 Penuh, TPU Tegal Alur Hanya Layani Sistem Tumpang
TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, Selasa (15/9/2020). [istimewa]

"Pemakaman khusus covid sudah tutup, artinya di blok islam maupun kristen sudah penuh."

Suara.com - Lahan pemakamanan khusus Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat telah penuh. Saat ini, di lokasi tersebut hanya melayani pemakamanan Covid-19 secara tumpang tindih.

Kepala TPU Tegal Alur, Wawin mengatakan penuhnya lahan tersebut sudah mencakup dua blok pemakaman, yakni blok muslim dan blok kristen. Hal tersebut, kata Wawin sudah berlangsung sejak Februari 2021 lalu.

Wawin melanjutkan, di TPU Tegal Alur memang masih melayani pemakaman khusus Covid-19 secara tumpang tindih. Nantinya, jenazah yang hendak dimakamkan akan ditaruh dalam liang lahat yang sama dengan keluarga yang sebelumnya telah dimakamkan.

"Di Tegal Alur, pemakaman khusus covid sudah tutup, artinya di blok islam maupun kristen sudah penuh," ungkap Wawin melalui sambungan telepon, Jumat (23/7/2021) hari ini.

Baca Juga: Penyedia Memastikan Layanan Mesin Krematorium di TPU Tegal Alur Gratis

"Kami masih melayani secara tumpang saja sih. Rata-rata ditumpang di keluarganya," sambungnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, untuk saat ini jenazah yang meninggal akibat Covid-19 dialihkan di dialihkan ke TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.

"Semua dialihkan ke TPU Rorotan," sambungnya.

Pantauan Suara.com di lahan pemakaman khusus Covid-19 di blok kristen TPU Tegal Alur, lahan memang terpantau sudah penuh. Sejak pukul 14.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, terpantau ada dua jenazah Covid-19 yang dimakamkan di lokasi.

Terlihat pula, petugas memakai alat pelindung diri (APD) menggotong jenazah yang sudah dimasukkan dalam peti menuju lokasi pemakaman. Hanya saja, petugas tersebut saat ini enggan dimintai wawancara lantaran sedang bekerja memakamkan jenazah.

Baca Juga: Banyak Jenazah Covid Terlantar, Alasan TPU Tegal Alur Disediakan Mesin Krematorium

Tak hanya itu, terlihat beberapa pihak keluarga -- jumlahnya tidak terlalu banyak -- turut menemani jenazah sampai lokasi pemakaman. Karena masih dalam suasana duka, pihak keluarga juga enggan diwawancara.

Komentar