alexametrics

Luhut Minta Tokoh Agama Sosialisasikan 5M, Terutama di Aglomerasi Jawa-Bali

Chandra Iswinarno | Ria Rizki Nirmala Sari
Luhut Minta Tokoh Agama Sosialisasikan 5M, Terutama di Aglomerasi Jawa-Bali
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh]

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta tokoh agama ikut menyosialisasikan gerakan 5M di tujuh wilayah aglomerasi yang ada di Pulau Jawa-Bali

Suara.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta tokoh agama ikut menyosialisasikan gerakan 5M atau mencuci tangan, mengenakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas di tujuh wilayah aglomerasi Jawa-Bali.

Permintaan tersebut disampaikannya melalui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Maksud permintaan Luhut itu guna memaksimalkan perlindungan diri dari penularan Covid-19. Supaya lebih optimal, Luhut ingin agar tokoh agama juga ikut turun membantu menyebarkan kampanye tersebut.

"Saya minta menteri agama untuk memobilisasi para penyuluh agama hingga ke tingkat desa, untuk mendekati tokoh agama dengan masyarakat mengenai 5M," kata Luhut dalam rapat koordinasi kampanye 5M, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Tukang Becak dan Sopir Angkot di Garut Bakal Dapat Bansos Tunai

Sosialisasi kampanye gerakan 5M itu merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam kesempatan tersebut Luhut juga meminta kepala BNPB Ganip Warsito untuk menjadi ketua gerakan 5M.

Ia meminta supaya kampanye dilakukan terutama di kawasan padat penduduk di 7 wilayah aglomerasi pulau Jawa dan Bali.

"Nanti kita semua juga bantu back up," sebutnya.

Luhut menjelaskan, perlu edukasi terhadap masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya ialah dengan mengenakan masker yang dikatakan Luhut terbukti menahan laju penyebaran kasus Covid-19.

Sementara itu Menteri Agama Yaqut menyampaikan kalau pihaknya bakal melaksanakan kebijakan yang sudah diarahkan. Kata Yaqut, pembekalan tokoh agama bakal dilakukan secara berjenjang.

Baca Juga: Pelaku Wisata di Pantai Depok Menjerit Imbas PPKM Level 4, Bayar Pegawai Saja Tak Sanggup

"Agar Senin mereka bisa on fire,” ujar Yaqut.

Komentar