facebook

Kapan Tahun Baru Islam 2021 Diperingati? Berikut Tanggal dan Sejarah di Baliknya!

Rifan Aditya
Kapan Tahun Baru Islam 2021 Diperingati? Berikut Tanggal dan Sejarah di Baliknya!
Kapan Tahun Baru Islam 2021 - ilustrasi tahun baru islam - Warga melakukan pawai obor di Kawasan Rempoa, Tangerang Selatan, Rabu (19/8/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Kapan Tahun Baru Islam 2021 jatuh pada tahun ini? Berikut tanggal dan sejarah tahun Hijriyah dalam Islam.

Suara.com - Dalam waktu dekat umat Islam akan merayakan tahun baru Islam atau disebut juga tahun baru Hijriyah. Kapan Tahun Baru Islam 2021 jatuh pada tahun ini? Berikut tanggal dan sejarah tahun Hijriyah dalam Islam.

Tahun baru tersebut diperingati setiap tanggal 1 Muharram pada kalender Hijriyah yang saat ini telah sampai pada tahun 1443 H. Sementara pada kalender Masehi, tahun baru Islam akan jatuh pada hari Selasa 10 Agustus 2021.

Di Indonesia, tahun baru Hijriyah dijadikan sebagai hari libur nasional. Namun khusus untuk Tahun Baru Islam 2021 ini ada perubahan hari libur. 

Menurut ketentuan dalam SKB 3 Menteri Nomor 642 tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2021 yang ditandatangani 18 Juni 2021, libur tahun baru Hijriyah tidak jatuh pada Selasa 10 Agustus 2021, melainkan pada Rabu 11 Agustus 2021. Kebijakan tersebut muncul sebagai upaya pemerintah mencegah penyebaran Covid-19. Pemerintah juga mengubah hari libur nasional untuk beberapa hari keagamaan lainnya.

Baca Juga: Doa Awal Tahun, Amalan yang Dibaca saat Tahun Baru Islam 2021

Sejarah Tahun Baru Islam

Dilansir dari NU Online, Kalender Hijriyah mulanya ditetapkan pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab yang memiliki gagasan untuk menetapkan tahun bagi masyarakat. Lantas, ia mengumpulkan para sahabat untuk bermusyawarah.  

Kalender Hijriyah dihitung berdasarkan peredaran bulan sehingga disebut juga sebagai tahun Qamariyah. Seperti tahun masehi, tahun Qamariyah juga memiliki dua belas bulan setiap tahunnya.  Lantas mengapa tidak disebut sebagai tahun Qamariyah? 

Penetapan awal tahun diambil dari hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah. Selain itu, hijrahnya Nabi Muhammad SAW juga merupakan penanda dipisahkannya yang benar dengan yang batil. 

Berikut belas nama bulan pada kalender Hijriyah. 

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbon Tahun Baru Islam 2021, Bingkai Ucapan Meriah dan Penuh Kesan

1. Muharram
2 .Safar
3. Rabiul Awal
4. Rabiul Akhir
5. Jumadil Awal
6. Jumadil Akhir
7. Rajab 
8. Syaban
9. Ramadhan
10. Syawal
11. Dzulqadah
12. Dzulhijjah

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar